Sabtu, 30 Maret 2019

MEMBERI DENGAN SUKACITA 

Sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita (2 Korintus 9:7b)

Ibr.  10:35-39             BE. 308:7+ 9                        Mzm. 100:1-5

Camkanlah, memberi dengan sukacita adalah juga melayani Tuhan sebagai ungkapan syukur untuk Allah Bapa dalam Yesus Kristus yang lebih dahulu melimpahkan kasih karuniaNya.

                Paulus menuntun jemaat Korintus untuk memberi dengan sukacita, dia tidak mengajarkan mereka untuk mematuhi peraturan melainkan untuk melayani Tuhan dengan sukacita.  Jemaat Korintus diberi pemahaman yang benar tentang memberi,  yaitu sebagai tindakan mengasihi bukan karena rasa malu, takut atau kewajiban.  Tindakan mengasihi adalah suatu tindakan untuk menjunjung dan memelihara hubungannya dengan Tuhan bukan sekedar kegiatan amal atau mengumpulkan uang atau donasi.

                Demikianlah sebagaimana  yang dilakukan Yesus (baca Matius 6:3-4), Paulus mengajak Jemaat Korintus untuk memberi sedekah dalam sukacita dengan diam-diam karena pemberian mereka adalah urusan mereka dengan Tuhan, yang hanya diketahui dan dilihat oleh Tuhan – itulah pemberian yang benar di hadapan Tuhan dan Dia akan melayakkan ibadah mereka serta menerima puji-pujian syukur mereka dan menganugerahkan kasih setiaNya untuk selama-lamanya dan kesetiaanNya tetap turun-temurun.

                Kita diingatkan dan diminta untuk mau memberi dengan rasa sukacita, karena ada banyak orang yang memberi tetapi karena paksaan, atau karena dililhat orang dan supaya dipuji. Memberi dengan rasa sukacita berarti mengajak kita untuk memberi dengan hati yang tulus dan melulu hanya untuk kemu,liaan Tuhan.

Doa:       Ya Tuhan Yesus, kuatkanlah kami untuk tekun melakukan kehendakMu dan berharap kepada kasih setiaMu, supaya kami selalu bersukacita karena kami tahu di dalam Engkau kami memiliki harta yang lebih berharga dan lebih menetap. Amin. (BDFS)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Sabtu, 30 Maret 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.