Minggu, 31 Maret 2019

Minggu Letare

LANGIT YANG BARU DAN BUMI YANG BARU

Ep. Yesaya 65:17-25

Janji  keselamatan  ini mulai dengan Ayat 16b; kesesakan  yang masih dirasakan  segera akan menjadi  hilang. Artinya karena Tuhan  mendatangkan keselamatan  yang baru. Yerusalem yang baru pun menjadi  pokok kesukaan  di dunia yang baru itu. Kenyataan yang Tuhan sediakan adalah  begitu berlainan dengan keadaan yang lama sehingga patut disebut  ciptaan baru. Keselamatan ini berupa  berkat yang mengabulkan cita-cita hati nurani manusia yang biasa: umur panjang, anak berkembang biak, rezeki yang cukup. Akhirnya  kehadiran Tuhan  sendiri ditengah-tengah manusia dilukiskan dari tiga segi: Ia selalu mendengarkan orang-orangNya, mereka melakukan yang baik saja  dan alampun menjadi  tempat damai sejahtera.

                Nubuat ini meramalkan  Kerajaan Allah di bumi kelak. Zaman Mesias  yaitu kerajaan seribu tahun yang mendahuluinya ( Why 20:4-6). Ciri-ciri pemerintahan seribu tahun ini telah dinubuatkan dalam Perjanjian Lama dimana iblis akan dibelenggu. Umat  yang diperintah Kristus akan terdiri atas mereka yang berdiam di bumi dan yang setia kepada Kristus dan yang masih hidup pada kedatangan Kristus serta orang-orang yang tidak diselamatkan  tidak akan masuk dalam kerajaan ini. Selama pemerintahan ini bangsa-bangsa diharuskan  untuk terus beriman pada Kristus dan taat pada pemerintahanNya.

                Sekalipun dalam Kerajaan Mesias masih ada kematian, umur seseorang akan lebih panjang dari pada sekarang dimana seorang berumur 100 tahun masih dianggap sebagai remaja. Dan  umat Allah  akan terpenuhi  kebutuhan sehari-hari, Tuhan Allah akan segera menjawab doa-doa mereka. Damai sejahtera dan keamanan  akan menandai kerajaan Mesias. Binatang yang dulunya buas akan menjadi jinak dan keharmonisan sempurna akan terjadi.

Doa:  Ya Allah, aku yakin bahwa di akhir perjalanan hidupku, aku akan sampai ke langit yang baru dan bumi yang baru. Amin (PMS).        

KASIH KARUNIA ALLAH

Ev. Titus 2:11-14

Kasih karunia adalah kehadiran dan kasih Allah melalui Yesus Kristus, yang diberikan kepada orang  percaya oleh Roh Kudus, sambil memberikan kemurahan, pengampuynan dan keinginan serta kuasa  untuk melakukan kehendak Allah. Seluruh kehidupan Kristen  dari awal sampai  akhir tergantung pada kasih karunia. Allah memberikan kasih karunia  seperlunya (1 Kor 1:4) kepada orang yang tidak percaya supaya mereka dapat percaya kepada Tuhan Yesus Kristus. Allah memberikan kasih karunia  kepada orang percaya  supaya “dimerdekakan dari dosa, untuk mengerjakan  di dalam kamu baik kemauan  maupun pekerjaan  menurut kerelaanNya (Flipi 2:13).

                Menurut Paulus  kasih karunia yang menyelamatkan: Pertama,  mendidik orang percaya untuk secara meyakinkan, menolak hawa nafsu, kesenangan dan nilai nilai jahat pada zaman sekarang dan menganggap najis (bd Roma 1:18-32). Kedua, memerintah dan memberi kuasa kepada orang percaya untuk hidup ”adil dan beribadah” sambil menantikan penggenapan pengharapan yang penuh bahagia dan kedatangan Yesus Kristus. Pengharapan  yang harus diingini  oleh setiap orang kristen adalah “penyataan kemuliaan Allah yang Maha Besar dan Juruselamat  kita Yesus Kristus dan persatuan kita  dengan Dia. Demikian orang Kristen  jangan sekali kali  hilang harapan  bahwa mungkin hari ini sangkakala akan berbunyi dan Tuhan pun datang.

                Kristus mencurahkan darahNya di Salib supaya menebus kita dari semua dari semua kejahatan dan keinginan  untuk menentang hukumn Allah dan standardNya yang kudus dan menjadikan kita umat yang kudus terpisah dari dosa  dan dunia untuk menjadi milik khusus Allah sendiri. Kita yang bergumul dengan  dosa  dan kuasa iblis harus  mengetahui bahwa  jikalau Kristus telah mati bagi penebusan, lebih lagi Dia memberikan kasih karunia untuk hidup berkemenangan.

Doa:  Ya Allah, terimakasih atas kasih karuniaMu yang telah Kau berikan kepadaku, sehingga aku memperoleh kemenangan atas dosa-dosaku. Amin. (PMS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Minggu, 31 Maret 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.