Jumat, 29 Maret 2019

HIDUP YANG BENAR

Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! (Filipi 4:4a)

Mat. 26:6-13                          BE. 125:1+ 3                         Luk. 12:41-44

Dari Firman Tuhan hari ini ada 3 hal yang harus kita renungkan, hidupi, dan lakukan menunjukkan bahwa kita sebagai orang percaya dan pengikut Kristus, yaitu: Pertama, apa yang harus nyata dalam hidup kita? Dari Firman Tuhan jelas menyatakan yaitu: “Bersukacita“. Mengapa kita harus bersukacita? Karena sukacita itu adalah pemberian dan anugerah Allah. Sukacita itu adalah bahagian dari Kerajaan Allah. Firman Tuhan mengatakan:  Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus (Roma 14:17). Sukacita akan memberikan kita semangat dan gairah hidup sehingga kita dapat bekerja dan melakukan banyak hal dengan baik.

                Kedua, kapan kita harus bersukacita? Sangat jelas Firman Tuhan menjawab yaitu senantiasa. Ini melawan pemikiran dan sikap bahwa sukacita itu ditentukan oleh apa yang kita terima, kita dapati atau kita miliki. Tetapi sukacita itu adalah respon kita terhadap apa yang kita dapati, kita miliki. Ini dilakukan bukan saat-saat tertentu, tetapi harus senantiasa, selama hidup kita.

                Ketiga, didalam siapa kita bersukacita? Ini juga sangat jelas yaitu didalam Tuhan. Bersukacita senantiasa dapat dilakukan bila sukacita kita itu hanya ada dalam Tuhan, karena sumber sukacita itu adalah Tuhan. Ini mengajari dan menasehati kita bahwa dasar sukacita bukan pada pemberian tetapi kepada Dia yang memberikan. Tuhan sipemberi sukacita itu adalah Tuhan yang kekal dan abadi dan pemberiannya boleh habis, dan musnah. Karena itu dasar sukacita yang benar dan kuat hanya didalam Dia. Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! (Filipi 4:4 ).

Doa:       Tuhan, ingatkan kami agar kami menjadi orang yang
              bersukacita sepanjang hidup kami, dan sukacita kami
              hanya didalam Engkau. Amin. (PES)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Jumat, 29 Maret 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.