Kamis, 28 Maret 2019

BAIT ALLAH ADALAH DIRIMU

Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu (1 Korintus 3:17b)

1 Ptr. 3:8-17                 BE. 257:4+6                              Ibr. 11:1-3

Bait Allah adalah Gereja. Tetapi Gereja yang di maksud dalam ayat ini adalah manifestasi lokal dari satu bait Allah yang sejati, yaitu Gereja yang tidak Kelihatan, yang terdiri dari semua orang percaya sejati di dalam Kristus. Bagian ini secara khusus menyangkut semua orang yang mempunyai kedudukan sebagai pengajar atau pemimpin. Jika seorang menajiskan atau merusak Bait Allah (yaitu, suatu jemaat setempat atau sekelompok jemaat-jemaat setempat), Allah sendiri akan menghukum orang itu dengan kehancuran yang dahsyat dan kematian kekal.

                Manusia membinasakan dan merusak jemaat Kristus dengan cara: (a) melakukan tindakan kebejatan (5:1); (b) menyokong dusta, penipuan, dan ambisi yang mementingkan diri ( 3:3); (c) menganjurkan ajaran palsu, menolak penyataan rasuli dan menunjukkan ketidakacuhan terhadap kebenaran Alkitab (1Tim 4:1; Yud 1:4);  menerima dosa, keduniawian di dalam jemaat ( 5:1-2,5-7); dan mencoba membangun gereja dengan hikmat dunia atau dengan Injil yang diputarbalikkan (18-2).

                Paulus memperingatkan mereka yang sedang membangun jemaat Korintus, jangan membangun jemaat dengan hal-hal yang tidak tahan uji oleh api (Ay.12). Atau, jangan dengan pengajaran dan tindakan jerami hikmat manusia (Ay. 2:4-5,13), tetapi dengan pemberitaan hikmat Allah. Ketahanujian inilah yang akan menentukan upah seorang pelayan (bukan keselamatannya!). Sebagai penegasan, Paulus juga menyatakan bahwa jemaat setempat di Korintus adalah bait Allah dan Allah akan membinasakan orang yang membinasakan baitNya (Ay. 16-17).

Doa:       Tuhan jadikanlah kami menjadi baitmu yang hidup dalam melaksanakan tugasMu. Amin. (TS)

About the author: bksmarturia

4 comments to “Kamis, 28 Maret 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.