Kamis, 21 Maret 2019

SERAHKAN SEGALA PERKARAMU KEPADANYA

Biarlah aku melihat pembalasanMu terhadap mereka, sebab kepadaMulah kuserahkan perkaraku (Yeremia 20:12b)

Rat. 3:19-26                      BE. 273:3+4                      Dan. 6:20-25

Di tengah pergumulan hidup yang berat, Yeremia melihat bahwa Tuhan sebenarnya tetap ada menyertai dia; di tengah kebejatan bangsa Yehuda, Tuhan tetap berkarya dan menunjukkan diri-Nya. Ayat ini membukakan tabir kehidupan batin seorang pelayan Tuhan sejati. Sepintas Yeremia nampak seperti orang yang tidak menyenangkan, selalu mengeluh, dan selalu memberitakan penghukuman. Ketika kita membaca kata-kata Yeremia kepada Allah setelah ia dipasung oleh imam Pasyur, hampir selalu terdengar sungut-sungut atau keluhan di dalam perkataannya. Harus diakui bahwa kehadiran orang yang selalu mengeluh akan membuat kita lelah dan jengkel.

                Namun demikian, dari keluhan-keluhan Yeremia kita bisa mendapatkan 2 pengajaran. Pertama, segala sesuatu yang dikeluhkan berdasarkan kenyataan. Dia sungguh-sungguh kesakitan dan didera berbagai kesulitan. Bila dibandingkan dengan kehidupan Yeremia, kehidupan kita bagaikan kebun bunga mawar. Seandainya kita berada dalam posisi Yeremia, kita pun pasti melakukan apa yang ia lakukan. Yeremia memberikan teladan yang indah buat kita yaitu meskipun banyak mengeluh karena sering mengalami depresi dan tekanan mental, ia tetap setia kepada Allah. Ia tetap memberitakan firmanNya meskipun ia tahu bahwa mereka tidak akan mendengarkan, bahkan akan semakin mengalami kesulitan dan kesakitan. Yeremia tetap berkomitmen kepada Allah walaupun masalah menggunung.

                Kedua, ketika Yeremia mengeluh, Allah mendengarkan. Allah tidak menjadi marah atau kehilangan kesabaran sehingga menganggap sepi keluhannya, Allah menghargai Yeremia karena selalu menyampaikan segala perkara yang dialaminya kepadaNya.

Doa:       Tuhan, kuatkan kami menghadapi segala perkara dalam hidup kami; kami berserah kepadaMu saja. Amin.

About the author: bksmarturia

2 comments to “Kamis, 21 Maret 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.