Sabtu, 16 Maret 2019

MENCARI KERAJAAN ALLAH

Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus (Roma 14:17)

Kis. 18:1-10               BE. 789:1+ 3                         Yes. 26:1-12

Makanan dan minuman adalah kebutuhan dasar manusia, sehingga wajar jika setiap orang tekun bekerja untuk mencukupkan kebutuhan dasar tersebut. Tuhan telah menyediakan sumber-daya alam dan hasil bumi, akan tetapi kita harus bekerja mengolahnya menjadi makanan, minuman, pakaian dan barang kebutuhan lain. Tuhan pun mengajar kita supaya tidak malas, akan tetapi tekun dan rajin bekerja (Amsal 6:9-10). Bahkan Firman Tuhan mengajarkan, jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan (2 Tes. 3:10).

                Namun nats hari ini mau menekankan supaya kita tidak fokus untuk menghimpun harta kekayaan dunia ini, karena semuanya itu memang perlu, tetapi hanya bersifat sementara. Bila kita meninggal tak ada harta yang perlu kita bawa. Fokus perhatian menghimpun harta dunia cenderung membuat kita terjerumus menghalalkan segala cara, menjadi jauh dari jalan kebenaran Tuhan, dan Tuhan tidak berkenan menerimanya di Kerajaan Sorga.

                Oleh sebab itu, Ayat ini mengajarkan kita supaya lebih fokus untuk mencari kebenaran Allah dan melakukan kehendakNya, maka semua kebutuhan kita akan ditambahkan. Tuhan tahu segala kebu-tuhan kita akan makanan, minuman, dan pakaian, dan semuanya itu akan ditambahkan bagi kita bila kita pertama-tama mencari Kerajaan Allah dan kemuliaanNya (Mat. 6:31-33). Fokuslah terhadap Kerajaan Allah di dalam hidupmu, dan jadikanlah itu lebih dari mencari makanan dan minuman walau itu juga sangat kita butuhkan.

Doa:       Terima kasih Tuhan atas segala berkat-berkatMu, mencukupkan kebutuhan kami sehari-hari. Ajar kami supaya lebih fokus mencari KerajaanMu. Amin. (PJS)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.