Jumat, 8 Maret 2019

KEHIDUPAN YANG BERIBADAH

Latihlah dirimu beribadah (1 Timotius 4:7b)

Gal. 5:16-21                      BE. 723:2                            Yoh. 8:12-16

Surat Paulus kepada Timoteus sebagai seorang pemimpin muda di jemaat Efesus adalah untuk membendung ajaran-ajaran yang tidak benar dari guru-guru palsu. Selengkapnya ayat ini mengatakan: Tetapi jauhilah takhyul dan dongeng-dongeng nenek-nenek tua. Lathlah dirimu beribadah (Ayat 7). Artinya kita menjauhi cerita-cerita takhyul yang tak berguna dan hendaklah kita melatih diri untuk kehidupan yang beribadah.

                Ibadah Kristiani yaitu meliputi pujian syukur, penyerahan diri, bertobat, dan doa permohonan. Ibadah pribadi kepada Allah dapat dilakukan dimanapun dan kapan pun (Yoh. 4: 21-24). Ibadah kita adalah keikutsertaan kita dalam tindakan imamat Kristus demi kepentingan kita yang mengajak kita untuk menjadikan kehiduppan kita sehari-hari menjadi kurban hidup (Rm. 12:1).

                Pada zaman now perkembangan teknologi yang sangat pesat dan globalisasi informasi memungkinkan meningkatnya kerusakan moral dan lunturnya iman  umat Kristiani, maka melalui nats ini mengingatkan kita untuk melatih keluarga terutama anak-anak untuk beribadah dengan sungguh-sungguh. Melakukan ibadah harian (saat teduh), atau siang dan malam, membaca Kitab  Suci dan menyanyikan mazmur-mazmur kidung pujian serta melakukan doa-doa permohonan yang kita butuhkan. Orang-orang yang taat berdoa dan memuji Allah, melangsungkan tugas Kristus sebagai imam dan berdoa bagi keselamatan seluruh dunia. Kejujuran di dalam bekerja, disiplin terhadap waktu di dalam bekerja, melakukan atau menyelesaikan semua tugas sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan juga adalah merupakan bagian dari ibadah, mari lakukanlah itu di dalam hidupmu.

Doa:       Terima kasih Tuhan Yesus mengingatkan kami supaya tekun melatih diri untuk bribadah memuji dan memuliakan namaMu. Amin. (TDLB)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Jumat, 8 Maret 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.