Rabu, 6 Maret 2019

KARENA BERKAT  ALLAH MENJADI SUMBER KEHIDUPAN MANUSIA

Tanah itu akan memberi hasilnya, dan kamu akan makan sampai kenyang dan diam di sana dengan aman tenteram (Imamat 25:19)

2 Raja 4:42-44                         BE.463:1                   Mat. 14:13-21

Secara umun Imamat 25 ini memaparkan kisah tentang tahun Sabat dan tahun Yobel. Salah satu perayaan besar yang paling dinantikan oleh bangsa Israel ialah perayaan tahun Yobel, karena tahun Yobel adalah tahun pembebasan. 

Sejak semula ketika Allah memanggil Abraham keluar dari Ur-Kasdim, Allah telah berjanji akan memberikan tanah kepada Abrahan dan keturunannya setelah mereka keluar dari tanah Mesir. Kepada mereka disuruh untuk mengolah tanah itu dengan  sempurna, dan menanam  banyak ragam dan jenis tanaman, untuk menutupi kebutuhan sehari-hari mereka.

Bumi yang adalah ciptaan Allah dan diberikan kepada manusia untuk memelihara dan mengelolanya. Allah juga menugaskan manusia untuk melestarikan bumi ini, dengan membuat hukum dan aturan  untuk dituruti manusia.

Ketika manusia  tunduk dan taat pada aturan Allah, atau ketika manusia mengolah tanah itu dengan baik sesuai dengan kehendak Allah, maka tanah itu akan menumbuhkan dan menghasilkan tunas-tunas baru, mereka akan makan sampai kenyang dan diam di sana dengan aman tenteram.  Saat ini Allah menjanjikan kehidupan yang baru bagi kita di dalam Yesus Kristus. Sumber kehidupan itu bukan lagi soal hasil tanaman yang ada di bumi, melainkan soal kesetiaan kita kepada Yesus yang adalah sumber kehidupan itu.

 Doa:     Tuhan berkatilah kehidupan kami, teguhkanlah iman kami, supaya kami di yakinkan bahwa bukan lagi dunia ini  akhir perjalanan kami, tetapi kasih karuniaMulah yang member-kati dan mengenyangkan kami uma-Mu. Amin. (ARP)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.