Sabtu, 2 Maret 2019

JAUHKANLAH PERBUATAN-PERBUATAN KEGELAPAN

Janganlah  turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa (Efesus 5:11a)

Mzm. 85:1-7                   BE. 791: 2                          Luk. 15:10-24

Di dalam Ayat 8-9 sebelumnya dikatakan: Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan, karena itu hiduplah sebagai anak-anak terang, karena terang hanya berbuahkan kebaikan, keadilan dan kebenaran.

                Surat Paulus ke jemaat Efesus ini sangat cocok untuk orang Kristen Batak karena masa lalu yang sama yaitu sama-sama hidup di dalam kegelapan. Sebelum Injil sampai ke tanah Batak, suku Batak hidup di dalam kegelapan, hidup di dalam penyembahan berhala, dan berbagai kuasa kegelapan yang mengakibatkan suku Batak hidup didalam kebodohan, keterbelakangan, kemiskinan dan jauh dari damai sejahtera.

                Tetapi syukur kepada Tuhan Yesus kepala gereja yang maha baik itu, dengan caraNya sendiri telah menarik suku Batak dari kegelapan dan memindahkannya kepada terang Tuhan melalui Misionaris Pdt. I.L. Nommensen. Sebagai buahnya suku Batak yang telah  menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya mengalami kemajuan dalam pendidikan, kesehatan dan perekonomian serta memunculkan persaudaraan dalam kasih.

                Sekarang setelah kita menikmati buah persekutuan dengan Tuhan Yesus yaitu kedamaian, keadilan dan kebenaran,  maukah kita kembali melakukan perbuatan-perbuatan kegelapan yang memberikan kematian itu? Mari kita setia mengikut Yesus Kristus terang dunia itu agar kita berjalan di jalan yang benar serta menjauhi segala perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak membuahkan apapun.

Doa:       Tuhan Yesus tuntun kami untuk hidup tekun mengikut Engkau supaya dapat jadi garam dan terang dan terhindar dari perbuatan-perbuatan kekelapan. Amin. (RP)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Sabtu, 2 Maret 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.