Senin, 18 Februari 2019

KASIH SETIA TUHAN MEMELIHARA KITA

Hidup dan kasih setia Kaukaruniakan kepadaku, dan pemeliharaanMu menjaga nyawaku (Ayub 10:12)

Ibr.  6:13-20                 BE. 467:2                            1 Kor. 2:1-5

ebagai orang percaya, tanpa kita sadari, kita sering meragukan kasih setianya Tuhan. Hal ini bisa terlihat misalnya di saat doa-doa kita belum dijawab oleh Tuhan. Kita merasa bahwa Tuhan seperti tidak menjawab doa-doa kita, sehingga berujung pada keraguan akan pemeliharaan Tuhan dalam hidup kita. Meragukan pemeliharaan Tuhan bisa dilihat dari cara hidup kita, sering bersungut-sungut, kuatir, merasa takut, dan merasa kehilangan pengharapan. Sesungguhnya semua ini menunjukkan bahwa kita sedang meragukan kasih setia dan pemeliharaan Tuhan dalam hidup kita.

Pertanyaannya, apakah apabila Tuhan tidak menjawab doa kita, lalu kita bisa berpikir bahwa Tuhan tidak setia dan tidak memelihara kita? Tentu tidak! Sebagai orang percaya, kita harus tetap menyadari bahwa Allah tetap setia. Bahkan di saat segala sesuatunya tidak berjalan seperti yang kita harapkan, kita tetap harus percaya pada Tuhan. Dia lebih mengetahui apa yang lebih baik dalam kehidupan kita.

Sebagaimana yang ditunjukkan Ayub dalam nats ini. Ayub bergumul karena tidak mengerti akan apa yang sedang dia alami. Seperti Ayub, haruslah kita menyadari bahwa tidak semua hal yang terjadi dalam kehidupan kita dapat kita mengerti. Kita perlu menganalisa, harus memahami bahwa pikiran kita berbeda jauh dengan pemikiran Tuhan (Yes. 55:8). Lagi pula, tidak ada yang kebetulan di dalam Tuhan. Oleh karena itu, bagaimanapun ketidakmengertian kita akan hidup ini, betapa pun kita tidak memahami rancangan Allah dalam situasi tersebut, tetaplah pasrahkan diri ke dalam tangan Tuhan dan tetaplah percaya bahwa Ia setia memelihara kehidupan kita.

Doa:           Kami bersyukur atas segala kasih setiaMu senantiasa memelihara kehidupan kami. Teguhkanlah iman kami untuk selalu percaya kepadaMu.  Amin. (YMS)

About the author: bksmarturia

3 comments to “Senin, 18 Februari 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.