Jumat, 15 Februari 2019

TUHAN  SEBAGAI ARAH PANDANG

Aku senantiasa memandang kepada Tuhan; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah (Mazmur 16:8)

 Yes. 28:23-29                     BE. 474:1                      Mat. 14:22-36

Ada satu kisah tentang seorang ibu dan anaknya yang berusia 7 tahun yang memiliki kegemaran menyantap ikan bandeng goreng. Seperti yang kita tahu, ikan bandeng adalah ikan lezat yang memiliki banyak sekali tulang-tulang halus dan hal ini sangat berbahaya bagi anak kecil. Setelah sang ibu memisahkan daging dari tulang-tulang ikan, barulah ia memberikannya kepada sang anak. Pada suatu ketika, sang ibu tidak memisahkan daging dari tulang ikan,  dengan tujuan agar anak tersebut mau belajar.

Setelah sekian lamanya anak kecil ini berusaha memisahkan tulang-tulang dari daging ikan, ia akhirnya putus asa juga. Sang anak menyerah, tidak makan dengan alasan tulang ikannya kebanyakan. Sang ibu dengan tenang berkata, “Nak, kamu coba lihat, banyak mana daging atau tulangnya?” Tentu anaknya menjawab lebih banyak dagingnya. Ibunya mengajari anaknya supaya fokus melihat dagingnya, bukan fokus pada durinya. Ketakutan anak itu membuat dia kesulitan.

                Kita juga sering seperti anak dalam cerita di atas. Ketika kita diperhadapkan pada tantangan dan masalah, kita hanya fokus pada besarnya masalah sehingga kita pesimis dan menyerah menjalani hidup. Kita sering tidak sabar menantikan respon Tuhan, kita langsung minta tolong kepada kuasa kegelapan di dunia ini. Oleh sebab itu, marilah belajar dari salah satu mazmur emas milik Daud seperti dinyatakan dalam nats di atas, dalam menghadapi suatu masalah, betapa pun peliknya masalah itu, pandanglah Tuhan, mintalah bimbingan dan pertolonganNya, maka kita pun akan menjadi pemenang. Selalu fokus memandang kepada kuasa Tuhan.

Doa  :     Tuhan, ajar kami mengarahkan iman percaya kami hanya kepadaMu saja, karena bersama Engkau, kami akan dapat memenangkan setiap permasalahan. Amin. (LPH)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Jumat, 15 Februari 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.