Kamis, 14 Februari 2019

KESELAMATAN DARI TUHAN

Sesungguhnya, hanya pada Tuhan, Allah kita, ada keselamatan Israel (Yeremia 3:23b)

Yer. 30:7-13                  BE. 437:3                        Yoh.  11:20-27

Tidak mudah menjadi hamba Tuhan di tengah-tengah umat yang degil. Umat yang tidak setia digambarkan seperti istri yang berkhianat kepada suami. Yeremia mencoba mewakili umat yang degil ini untuk merespon panggilan kasih Allah. Hanya ada satu jalan, yaitu bertobat, kembali kepada Tuhan. Kembali dengan rasa malu, menyesal, dan bersalah. Karena berbelas kasihan, Tuhan tidak selamanya menghukum umatNya. Dalam dosa yang dilakukannya, umat Israel sadar, menangis dan memohon ampun karena dosanya, karena mereka telah meninggalkan dan melupakan Tuhan Allah.

                Untuk bertobat, diperlukan suatu keputusan yang tulus yang datang dari diri sendiri untuk berbalik kepada Allah. Bukan pura-pura, bukan karena paksa atau karena tekanan dari orang lain, bukan pula karena terhimpit oleh suatu keadaan. Keputusan yang tulus ini merupakan tindakan awal yang mutlak penting.Tetapi harus ada proses yang mengawalinya. Diperlukan pemahaman dan kesadaran yang sungguh bahwa segala jalan dan tindakan yang sudah dijalaninya adalah salah dan sia-sia. Harus ada rasa penyesalan yang dalam ketika mengenang dosa-dosa yang telah kita lakukan.

                Mungkin kita dulu adalah orang yang sering melupakan Allah, namun oleh karena kasihNya kita beroleh kesempatan lagi untuk menikmati kasih Allah Bapa melalui pertobatan. Masih banyak orang yang belum menyadari ketidaksetiaannya dan penghianatannya kepada Allah. Sekarang kita dipanggil menjadi gembala pilihan Allah untuk membawa mereka kembali menikmati kasih karunia Allah; melalui pertobatan memperoleh hidup yang kekal.

Doa:       Tuhan Yesus, berkati setiap kami untuk merespon panggilan kasih Tuhan, kembali bertobat, supaya kami terlibat dalam panggilan Allah. Amin. (DSim)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Kamis, 14 Februari 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.