Senin, 11 Februari 2019

FIRMAN ALLAH TIDAK PERNAH BERUBAH

Tetapi firman Allah kita tetap untuk selama-lamanya

(Yesaya 40:8b)

 

Kis. 15:12-20                    BE. 218:3                              Yes. 52:1-7

B

Buku Yesaya pasal 40 ini memuat janji Tuhan untuk melepaskan dan memberikan keselamatan bagi bangsa Israel yang dalam pembuangan di Babel. Tuhan telah melepaskan bangsa Israel dari perbudakan di Mesir, menuntun mereka tiba di Tanah Perjanjian, Tanah Kanaan yang penuh susu dan madu. Mereka hidup berkecu-kupan. Tetapi bangsa ini cepat lupa, tidak tahu bersyukur. Bahkan mereka lebih suka menyembah ilah lain daripada menyembah Tuhan. Mereka tegar tengkuk, keras kepala dan berkepala batu (Yes. 48:4).

                Untuk menyadarkan bangsa Israel atas dosa pemberontakan mereka kepada Tuhan, Tuhan membirkan mereka dijajah dan hidup di pembuangan di Babel. Hidup mereka kembali penuh dengan pende-ritaan, selama hampir 70 tahun. Ternyata mereka belum juga bertobat dan tidak berseru mencari Tuhan. Namun Tuhan ingat akan janjiNya kepada Abraham, Isak dan Jakub untuk memberkati keturunannya, yaitu bangsa Israel. Dengan demikian, Tuhan sendiri yang mengambil inisyatif untuk mengembalikan mereka ke Israel, serta membangun kembali Bait Allah di Yerusalem.

                Sebagian besar janji Allah sudah diwujudkan. Dengan segala kemurahanNya, Tuhan berfirman: “Tenanglah hati Yerusalem, bahwa kesalahannya telah diampuni”. Dalam nats ini Tuhan berfirman: “Aku telah menghapus dosa segala pemberontakanmu, seperti kabut di terbangkan angin dan segala dosamu seperti awan yang tertiup. Kembalilah kepadaKu, sebab Aku telah menebus engkau” (Yes 44:22). Realisasi janji yang paling utama adalah bahwa dosa-dosa kita sudah ditebus melalui pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib. 

Doa  :     Berikan kami Tuhan kekuatan dan kemampuan melalui Roh Kudus agar kami tetap setia melakukan firmanMu yang tidak pernah berubah itu. Amin. (Vic.S) 

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Senin, 11 Februari 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.