Sabtu, 9 Februari 2019

KASIH ALLAH YANG SEMPURNA

Tetapi barangsiapa menuruti firmanNya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah (1 Yohanes 2:5a)

 

2 Sam.  7:25-29                             BE. 457:5                      Yes. 51:17-23

D

Dalam Perjanjian Baru kita sering berbicara tentang kasih, yaitu: Pertama, mengasihi Allah dengan sepenuh hati, sepenuh jiwa, sepenuh akal budi, dan sepenuh kekuatan; dan kedua, menga-sihi sesama manusia seperti diri sendiri (Markus 12:30-31). Tetapi di zaman “now”, kasih sudah semakin dingin. Kata Tuhan Yesus: “Sebab dari dalam hati orang timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan” (Markus 7:21-22). Itulah kejahatan di dalam hati manusia. Seperti kata Paulus: “Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu berbuat baik yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat yang aku perbuat (Roma 7:19).

Pada bulan November 2018 yang lalu di Bekasi, seorang pemuda berusia 22 tahun membunuh satu keluarga familinya sendiri, suami-istri dan dua anak dengan sangat mengenaskan. Sama-sama orang Kristen Batak yang berfamili. Dalam penyelidikan pihak Kepolisian, dia membunuh, karena sangat benci kepada keluarga itu, dan pekerjaannya pun diambil alih dan ia sering dimarahi. Hal itu tidak akan terjadi, kalau mereka saling mengasihi, saling mengampuni dan saling mendoakan bila terjadi kekurangan atau kesalahan (Mat 5:44). 

                Nats hari ini mengatakan barangsiapa menuruti firmanNya di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Tuhan (Yoh. 16:20). FirmanNya di Yohanes 14 ayat 24a mengatakan: ”Barangsiapa yang tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firmanKu”. Artinya, barangsiapa menuruti firman-Nya, maka di dalam orang itu kasih Allah sungguh sudah sempurna.

Doa  :     Bapa Surgawi, tuntunlah kami menaati dan melaksanakan firmanMu, supaya kasihMu di dalam kami menjadi sungguh sempurna. Amin. (AHSim)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Sabtu, 9 Februari 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.