Kamis, 7 Februari 2019

HIDUP DALAM FIRMAN TUHAN

Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu (Yohanes 15:3)

2 Sam. 7:4-16                    BE. 25:1                              Yes. 56:1-7

N

Nats ini merupakan bagian dari perumpamaan Tuhan Yesus tentang pokok anggur. Perumpamaan ini melibatkan: Pohon anggur, tukang kebun, pokok anggur dan ranting. Ini menggambarkan bahwa kita sebagai ranting, harus selalu melekat kepada pokok anggur, yaitu Tuhan Yesus. Kala itu anggur merupakan: a) Pohon yang sangat membutuhkan perawatan; b) Bila ada ranting yang busuk, harus dikerat; c) Anggur dianggap sebagai minuman kebesaran dan berharga yang menghangatkan badan.

                Perumpamaan ini sekaligus mau menyatakan bahwa segala orang sangat berharga di mata Tuhan Yesus, dan mereka dipilih untuk berbuah. Pdt. Dr. Marthin Luther mengatakan ciri ini, sebagai bukti, penempaan orang yang percaya: terus mendengar Firman Allah; terus merenungkan; terus belajar;  terus yakin dan;  terus melakukan Firman Allah. Ini bukti orang percaya dekat dengan Tuhan, yang tidak terpisahkan dalam hidup sehari-hari. Karena itu, setiap mendengar, merenungkan, belajar, yakin dan melakukan Firman, kita terus diber-sihkan, dirawat, dan dibekali dengan berkat.

                Sebagai ranting, kita harus selalu melekat kepada pohon yaitu Tuhan Yesus, supaya tetap hidup, karena Tuhan Yesuslah sumber kehidupan kita. Oleh sebab itu, kita harus setiap hari membaca Firman Tuhan, supaya hidup kita setiap hari diperbaharui; kita terus-menerus dibersihkan dari pikiran-pikiran jahat. Dengan hati yang bersih, Roh Kudus akan bekerja agar hidup kita berbuah kebenaran. Itu yang dikatakan Yesus dalam Yohanes 15: 5. Tinggallah didalam Aku supaya kamu berbuah dan buahnya adalah buah Roh. Itu yang diingankan Yesus dalam kehidupan setiap orang percaya.

Doa  :     Ya Tuhan!  Patrikan di hati kami FirmanMu, agar FirmanMu yang mengendalikan hidup kami. Amin. (MPSil)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.