Sabtu, 2 Februari 2019

BERJAGA-JAGALAH

Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang (Matius 24:42)

Yeh. 34:11-15                     BE. 539:3                   Luk. 17:11-19

N

Nats ini adalah bagian dari nasihat Tuhan Yesus kepada murid-muridNya supaya berjaga-jaga. Merupakan kewajiban dan keha-rusan bagi semua murid-murid Tuhan Yesus untuk berjaga-jaga atau tetap waspada. Berjaga-jaga bukan hanya berarti percaya bahwa Tuhan kita akan datang, tetapi juga merindukan bahwa Ia akan datang, sering memikirkan kedatanganNya dan selalu menantikannya sebagai sesuatu yang pasti dan sudah dekat meskipun waktunya tidak dapat dipastikan. Berjaga-jaga biasanya dilakukan pada malam hari yaitu pada waktu tidur. Hidup di dunia ini merupakan malam hari bagi kita, karena itu kita harus berusaha keras untuk tetap terjaga.

                Kita harus berjaga-jaga atas kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus khususnya atas kematian kita karena sesudah kematian ini kita dihakimi. Itu adalah hari besar bagi kita. Berjaga-jaga bukan hanya berarti percaya bahwa Tuhan kita akan datang tetapi dalam penantian itu kita melakukan pekerjaan yang menyenangkan hati Tuhan.

                Mengapa kita harus berjaga-jaga? Karena waktu kedatangan Tuhan Yesus tidak ada yang tahu. Kita tidak tahu bilamana hari kematian kita. Yang kita tahu adalah waktu hidup kita hanya sebentar karena itu mari kita gunakan sebaik-baiknya untuk melakukan perintah Tuhan Yesus. Kita tidak tahu apakah kita diberi waktu yang lama untuk hidup. Kita juga tidak tahu berapa singkatnya waktu hidup kita karena bisa saja lebih singkat dari yang kita harapkan. Berapapun usia yang Tuhan berikan kepada kita, pada dasarnya hanya waktu yang singkat. Karena itu mari kita berjaga-jaga menggunakan waktu yang Tuhan berikan kepada kita untuk melakukan kehendakNya.

Doa  :     Tuhan Yesus, tuntun kami untuk senantiasa berjaga-jaga dan siap sedia di dalam kehidupan kami ini menyongsong kedatanganMu kembali. Amin. (RP)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Sabtu, 2 Februari 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.