Jumat, 1 Februari 2019

KITA DIBENARKAN DAN DIKUDUSKAN

Ia membenarkan dan menguduskan dan menebus kita

(1 Korintus 1:30b)

 


1 Yoh. 3:18-24    BE. 202:2           Yak. 2:8-13

Korintus sebagai kota pusat perdagangan waktu itu dihuni oleh penduduk dari berbagai suku dan aliran agama. Bagi banyak mereka, sukar menerima kesaksian, kenyataan bahwa Yesus telah mati dan bangkit pada hari yang ketiga. Oleh sebab itu Rasul Paulus menekankan bahwa bagi orang yang tidak percaya, memper-cayai kebangkitan Yesus dari yang mati adalah suatu kebodohan. Namun bagi orang yang beroleh hikmat dari Tuhan, akan percaya bahwa melalui kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus, kita manusia berdosa telah dibenarkan dan dikuduskan, karena dosa-dosa kita telah diampuni. Oleh sebab itu kita beroleh keselamatan dan beroleh hidup kekal bersama Tuhan Yesus di Sorga.

                Orang bodoh di dunia ini mengandalkan logika dan kekuatan sendiri. Namun orang berhikmat dan beriman percaya bawa Yesua adalah Tuhan, dan bahwa Yesus datang ke dunia sebagai manusia, mati untuk menebus dosa-dosa umat manusia, kemudian pada hari yang ketiga dibangkitkan oleh Allah dari antara orang mati. Dengan penebusan Yesus itu mati menggantikan kita orang berdosa, kita menjadi dibenarkan di hadapan Allah. Melalui bimbingan Roh Kudus yang diam di dalam kita, kita menjadi dikuduskan di hadapan Allah.

                Sekarang kita boleh bermegah di dalam Tuhan karena Tuhan kita itu baik dan suka mengampuni dan berlimpah kasih setia bagi semua orang yang berseru kepadaNya (Maz.86:5). Kita bermegah karena kita telah dibenarkan, dikuduskan dan ditebus, sehingga kita beroleh hidup kekal bersama Tuhan Yesus di sorga. Untuk itu kita harus selalu bersyukur dan mengandalkan Dia dalam hidup kita.

Doa  :     Terima kasih Tuhan Yesus, yang telah lahir sebagai manusia dan telah rela membenarkan, menguduskan dan menebus dosa-dosa kami. Amin. (PJS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Jumat, 1 Februari 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.