Rabu, 30 Januari 2019

BERTINDAKLAH HATI-HATI

Janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi (Yosua 1:7b)

Kej. 32:22-30            BE. 162:5-6               1 Sam. 17:32-37

          Setelah Musa meninggal dunia, Tuhan berfirman kepada Yosua agar bersiap memimpin bangsa Isarel memasuki negeri Kanaan yang melimpah susu dan madu itu untuk mereka kuasai dan miliki. Akan tetapi ada kegentaran di hati Yosua untuk melakukannya. Sebab itu Tuhan meneguhkan hati Yosua agar bertindak mewujudkan rencana agung itu dengan mengandalkan penyertaan dan pertolongan Tuhan. Tuhan berjanji akan menyertai Yosua, tidak akan membiarkan dan meninggalkannya. Tuhan meminta Yosua untuk meneguhkan hatinya dan supaya bertindak hati-hati.

Kata kunci untuk mewujudkan suatu rencana adalah tindakan. Tuhan berfirman kepada Yosua: ”Bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang diperintahkan kepadamu oleh hambaKu Musa”. Namun tindakan yang akan dilakukan harus hati-hati, tidak semba-rangan, tidak menyimpang, dan harus menaati ketetapan firman Tuhan. Artinya, supaya memiliki tanah perjanjian, Yosua dan bangsa Israel harus membuat komitmen untuk menaati Firman Allah yang tertulis di dalam kitab Taurat, dan itu harus menjadi kekuasaan tertinggi, mengatasi semua gagasan, tradisi atau agama manusia.

Prinsip kehati-hatian ini berlaku bagi kita sebagai orang percaya dewasa ini. Kita sebagai orang percaya diminta untuk bertindak hati-hati menjalani hidup ini berdasarkan firman Tuhan, dengan memperhatikan beberapa syarat, yaitu: (1) Jadilah kuat, berani dan tekun; (2) Jadikan firman Tuhan sebagai penuntun hidup; (3) Merenungkan firman Tuhan setiap hari; dan (4) Mencari kehadiran Tuhan sungguh-sungguh seumur hidup.

Doa  :     Mampukan kami Tuhan senantiasa bertindak hati-hati
sesuai firmanMu menjalani hidup ini agar kami  beruntung.  Terima kasih Tuhan Yesus.  Amin. (TAS)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Rabu, 30 Januari 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.