Senin, 28 Januari 2019

KUATKAN DAN TEGUHKANLAH HATIMU

Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu, hai semua orang yang berharap kepada Tuhan (Mazmur 31:25)

2 Raja 18:13-25                      BE. 170:3-4                              Kis. 12:21-25

          Pemazmur memanjatkan permohonannya dan doa kepada Tuhan karena ia percaya Tuhan pasti mendengar dan menjawabnya. Ia tahu Tuhan adil maka orang benar tidak akan dipermalukan. Sebaliknya, orang fasik akan mendapat ganjaran setimpal. Berulang kali pemazmur menyatakan keyakinannya bahwa Tuhan setia maka orang benar akan menerima pertolongan pada waktunya.

Pemazmur yakin orang benar akan mengalami kebaikan Tuhan, yaitu perlindungan dan pemeliharaanNya dari orang-orang jahat. Syukur, pemazmur tidak kehilangan imannya. Berulang kali ia mengungkapkan keyakinannya bahwa Tuhan akan menolong dirinya. Bahkan lebih daripada itu, ia juga percaya bahwa Tuhan setia kepada umatNya. Itu sebabnya pemazmur mengakhiri mazmurnya dengan ajakan kepada umat Tuhan untuk menyatakan kasih dan iman mereka kepadaNya. Pemazmur dapat melihat dan merasakan bahwa begitu kelam dan jahatnya dunia ini. Tetapi Tuhan tetap berdaulat atasnya, dan kita tidak dibiarkan sendirian. Bersama sesama umat Tuhan lainnya kita bisa saling menguatkan iman kita kepada Dia yang berdaulat penuh atas hidup manusia.

Dengan demikian, bila kita sudah menyerahkan hidup kita kepada Tuhan, maka seperti pemazmur, kita tidak perlu lagi khawatir menghadapi berbagai masalah di dunia ini. Tuhan pasti setia akan menolong kita sesuai dengan janjiNya. FirmanNya pada 1 Petrus 5 ayat 7 mengatakan: ”Serahkanlah segala kekhawatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memeliharamu”. Damai sejahtera Allah akan memelihara hati dan pikiran kita dalam Kristus Yesus.

Doa  :     Tuhan, teguhkan dan kuatkanlah hati kami menjalani kehidupan ini, karena Engkau akan selalu menjagai dan menolong kami sesuai dengan janji setiaMu. Amin. (TS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Senin, 28 Januari 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.