Sabtu, 26 Januari 2019

BERPEGANG TEGUH KEPADA FIRMAN

Aku harus memuji kamu, sebab dalam segala sesuatu kamu tetap mengingat akan aku dan teguh berpegang pada ajaran yang kuteruskan kepadamu (1 Korintus 11:2)

Yer. 1:4-10                               BE. 481: 2-3                             Gal. 1:11-16

          Skop nats ini berada di Ayat 2-16, yang menekankan sikap perempuan berpakaian beribadah di gereja disesuaikan dengan budayanya. Sebagai orang Yahudi dan orang Timur Tengah, budaya mereka adalah memakai kerudung atau jilbab. Ini merupakan adat kebiasaan mereka. Namun Paulus mau menekankan bahwa beribadah bukan soal berpakaian, akan tetapi menyangkut hati dan pikiran, atau tubuh secara totalitas, yaitu mempersembahkan tubuh sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah (Roma 12:1). Soal berpakaian boleh berbeda-beda, akan tetapi ibadah harus selalu teguh berdasarkan Firman Tuhan.

Jemaat perempuan di Korintus dipuji Paulus, bahwa mereka melakukan ibadah itu karena Kristus, menyembah Allah dan kasih kepada sesama manusia. Kebebasan Kristen ialah terus melakukan yang baik, dan stop berbuat yang jahat, sehingga setiap perempuan yang beribadah, tidak akan menjadi batu sandungan bagi orang lain, baik bagi laki-laki, maupun bagi sesama mereka perempuan. Beribadah bukan untuk bermegah, akan tetapi untuk memuliakan Tuhan.

Beribadah dalam persekutuan berarti menyembah dan memuji Tuhan, tidak ditentukan oleh jenis dan kualitas pakaian. Walaupun demikian, harus diingat, pakaian yang kita pakai tetap rohani, tidak menimbulkan batu sandungan bagi orang lain. Beribadah teguh dalam Firman berarti yang dipuji dan disembah seluruh ciptaan, hanyalah Tuhan semesta alam, dalam iman percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat manusia.

Doa  :     Tuhan, ajar kami beribadah kepadaMu saja dengan tulus sesuai dengan FirmanMu, supaya Engkau saja yang kami puji dan sembah. Amin. (MPSil)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Sabtu, 26 Januari 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.