Rabu, 23 Januari 2019

DISELAMATKAN OLEH IMAN

Imanmu telah menyelamatkan engkau, pergilah dengan selamat! (Lukas 7:50b)

Yoh. 1:35-42                              BE. 201:1+3                           Mat.  6:24-34

         Simon, seorang Farisi, mengundang Yesus mampir di rumahnya. Sementara Yesus tiba di rumah Simon, seorang perempuan berdosa datang membawa buli-buli berisi minyak wangi untuk membasuh kaki Yesus. Dua orang datang menemui Yesus dengan motivasi yang berbeda. Pertama, adalah Simon seorang Farisi mengundang Yesus sebenarnya bukan karena kasihnya, cuma hanya menunjukkan reputasinya di hadapan orang banyak dan juga di hadapan Yesus. Kedua, seorang perempuan berdosa, seorang tamu yang tidak diundang, datang menyelinap masuk, namun perempuan itu telah memperlihatkan kasihnya yang besar kepada Tuhan Yesus. Dia melakukan hal itu dalam iman percaya, bahwa melalui pertobatan, dosa-dosanya akan diampuni.

Melalui peristiwa ini, Yesus mau menegaskan bahwa misi kedatanganNya ke dunia ini adalah mau menyelamatkan orang-orang berdosa. Dan misi itu telah dijalankan Tuhan Yesus, yaitu dengan rela mati di kayu salib sebagai tebusan atas dosa-dosa umat manusia, atau sebagai pengganti kita umat berdosa ini menerima hukuman maut. Dengan demikian kita dibebaskan dari hukuman maut itu. Bila hal ini kita terima dalam iman, maka kita beroleh keselamatan.

Kita beroleh keselamatan hanya karena  iman kepada Tuhan Yesus. Jika kita sudah mempercayai Tuhan, maka kita seharusnya mengasihinya dengan tulus, sebagaimana kasih perempuan tadi yang tulus kepada Yesus, bukan seperti kasih Simon orang Farisi yang tidak jelas. Jika memang kita sudah mengimani Yesus, maka baiklah kita mengasihiNya dengan segenap hati, jiwa dan akal budi kita.

Doa  :     Tuhan Yesus yang kami kenal dan yang kami sembah, kuasailah hati dan pikiran kami sehingga iman kami tetap terpelihara teguh kepadaMu. Amin. (SSi)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Rabu, 23 Januari 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.