Senin, 21 Januari 2019

MELAKSANAKAN KEBENARAN DAN DAMAI

Inilah yang harus kamu lakukan: Berkatalah benar seorang kepada yang lain dan laksanakanlah hukum yang benar, yang mendatangkan damai di pintu-pintu gerbangmu (Zakharia 8:16b)

Yos. 1:8-11                                 BE. 218:1+3                               Ul.  5:1-5

            Mungkinkah kita hidup dalam damai di dunia fana ini? Apakah hidup damai itu merupakan takdir yang sudah dibawa sejak lahir bagi segelintir orang? Apakah hidup damai itu hanya dinikmati oleh orang-orang kaya atau oleh orang-orang yang masih sehat? Faktanya, sulit menikmati damai di dalam hidup ini. Tidak sedikit orang yang mengeluarkan banyak uang untuk membangun rumah mewah lengkap dengan fasilitas keamanan, berwisata ke manca negara. Mereka hanya menikmati damai yang semu, palsu, sementara, dan sia-sia.  Lalu, bagaimanakah hidup damai yang sesungguhnya?

Betul, di dunia fana ini, kita semua dapat menikmati damai: Baik orang kaya maupun miskin, orang sehat atau sakit, muda atau tua, di kota atau di desa, dapat menikmati hidup dalam damai. Kita memang harus mengusahakan “damai” secara serius, dengan melaksanakan Firman Tuhan nats hari ini yaitu: (1) Mengatakan dan menegakkan kebenaran; dan (2) Kita hidup dalam damai sejahtera Tuhan.

Untuk itu, kita harus taat menerapkan melakukan kebenaran Firman Tuhan di kehidupan kita setiap hari. Kita yang telah beriman kepada Yesus Kristus, telah  dibenarkan oleh Tuhan Allah Bapa dan kita hidup dalam damai denganNya (Rom. 5:1). Kita hidup harus selalu dalam bimbingan Roh Kudus supaya kita hidup dalam damai sejahtera (Roma 8:6).  Dengan demikian, damai sejahtera Tuhan ada di dalam hati dan pikiran kita, sehingga kita berbahagia. Selanjutnya, kita pun membawa dan menghadirkan damai sejahtera tersebut kepada orang-orang di sekitar kita melalui perkataan dan perbuatan.

Doa  :     Ya Tuhan,  Engkaulah sumber damai sejahtera dalam kehidupan kami. Ajar kami melaksanakan kebenaranMu di dalam damai. Amin. (PSW)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Senin, 21 Januari 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.