Jumat, 18 Januari 2019

TETAPLAH PERCAYA KEPADA TUHAN

Jika kamu tidak percaya, sungguh, kamu tidak teguh jaya

(Yesaya 7:9b)

2 Sam. 5:7-21                            BE. 241:2-3                       Ibr. 10:19-23

         Setiap orang di dunia ini, pasti pernah mengalami ketakutan dalam hidupnya. Pemicu dari ketakutan itu beragam, terkait dengan pasangan hidup, ekonomi, rumah tangga, pekerjaan, bisnis, kesehatan, keturunan dan kematian. Tentu sebagai manusia biasa, ketika dihadapkan dengan beragam problema tersebut, acap kali bisa mengakibatkan seseorang mengalami gangguan psikolgis dan mental. Ia bisa menjadi lemah, kehilangan keberanian dan pengharapan. Kondisi seperti inilah yang pada umumnya bisa membuat seseorang akhirnya tidak lagi mampu memilah mana yang baik dan mana yang tidak.

Kondisi seperti itulah yang digambarkan nats ini. Raja Ahas, raja Yehuda, ketakutan setelah mendengar bahwa Pekah, raja Israel Utara, dan Rezin, raja Aram, bersepakat untuk menyerbu Yerusalem di Yehuda. Melihat ketakutan yang sudah menguasai Ahas tersebut, Tuhan mengutus nabi Yesaya untuk menyampaikan firmanNya kepada Ahas supaya senantiasa tetap tenang dan tidak takut. Bahkan disini Tuhan menyakinkan Ahas bahwa niat kedua raja itu tidak akan terjadi. Kemudian Tuhan juga menegaskan bahwa Ahas harus sungguh-sungguh percaya. Sebab dengan percaya, justru disitu ia akan tetap teguh jaya, berkemenangan dan tak tergoyahkan.

Nats ini mengajarkan kepada kita dalam menghadapi berbagai tantangan supaya kita tetap percaya dan mengandalkan Tuhan, tidak perlu takut, kecut dan tawar hati. Seberat apa pun masalah yang kita hadapi, orang percaya akan tetap teguh jaya, asalkan kita tetap hidup dalam kebenaran, percaya kepada Tuhan dan mengandalkan Dia dalam menghadapi semua masalah sulit tersebut.

Doa  :       Ya Tuhan, ajar kami untuk tetap yakin dan percaya bahwa Engkau senantiasa menyertai dan menolong kami dalam menghadapi masalah kehidupan ini. Amin. (YMS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Jumat, 18 Januari 2019”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.