MENCARI YANG HILANG

Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang (Lukas 19:10)

Mzm. 62:2-5                   BE. 245:2-3                              Yes. 43:1-6

         Zakheus termasuk orang yang ditolak oleh kebanyakan orang karena dianggap memperkaya diri dengan memeras bangsanya sendiri atau dengan menggelapkan cukai. Yesus mampir di rumah Zakheus membuat orang banyak bersungut-sungut. Yesus sesungguhnya sedang menyatakan bahwa anugerah Allah berlaku juga atas orang yang banyak dosa dan dibuang oleh sesamanya. Itu sebabnya Ia datang ke dunia, yaitu untuk mencari dan menyelamatkan semua umat manusia yang telah terikat oleh dosa.

Pertemuan dengan Yesus membuat Zakheus sadar bahwa hidupnya perlu diubah. Sebagai respon dari penyambutan Yesus atas dirinya, ia bersedia memberikan setengah dari hartanya untuk dikembalikan pada orang miskin dan mengganti empat kali lipat setiap orang yang merasa diperasnya. Itulah bukti pertobatannya! Itulah bukti bahwa anugerah Allah telah mengubah hidupnya. Ia sadar akan status dan kondisi hidupnya sebagai orang berdosa. Ia segera mengambil keputusan yang bukan hanya slogan iman belaka melainkan perbuatan nyata sebagai bayar harga atas semua kerugian yang telah diderita orang lain oleh karena perbuatan dosanya.

Belajar dari sikap Yesus terhadap Zakheus, kita terpanggil untuk menerima dan mengasihi setiap orang tanpa memandang status sosial dan latar belakang mereka. Itu sebabnya Yesus menugaskan  kita melawat dan melayani yang jarang datang ke Gerja, yang di penjara dan yang sakit. Dalam hal ini termasuk yang berpenyakit HIV/AIDS dan sakit jiwa. Mereka pun perlu merasakan Kabar Baik bahwa Yesus datang untuk mencari dan menyelamatkan mereka.

 Doa  :     Tuhan Yesus, tolonglah kami untuk dapat mengasihi dan mencari yang hilang membawanya kepada Yesus untuk mendapat keselamatan. Amin. (DSim)