JANGAN TAKUT, TUHAN MENYERTAIMU

Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau!

(Yes. 41:10a)

Hak. 13:19-25                BE. 758:3                            Yos. 10:16-27

Melalui nats ini, Yesaya mengingatkan bahwa Tuhan yang mengambil inisiatif, mengenal, memilih, dan menyelamatkan Israel serta menjadikan mereka menjadi umatNya yang kudus, menjadi hamba Tuhan. Sebagai bangsa pilihan Tuhan, tidak perlu takut, karena Tuhan akan menyertai bangsa pilihanNya; tidak perlu bimbang, karena Tuhan akan meneguhkan dan menolong umat pilihanNya; Tuhan sendiri yang akan memegang bangsaNya dengan tangan kananNya untuk berkemenangan. Mereka dipilih karena Tuhan  mengasihi mereka. Pilihan tersebut tidak berbanding lurus dengan perbuatan-perbuatan baik mereka.

Kita sebagai orang Kristen, pengikut Kristus, juga telah dipilih menjadi anak-anakNya sesuai kerelaan kehendakNya (Efs.1:4-5). Oleh karena itu di dalam menjalani hidup ini, kita tidak boleh takut. Tuhan bersama kita. Tidak bimbang, tidak ragu-ragu, sekalipun tidak ada yang bebas dari problem hidup. Setiap orang harus menghadapinya dan tidak mungkin menghindar. Ketahuilah, bahwa bersama Tuhan selalu ada solusi, membawa kita menjadi pemenang.

Kita tidak perlu takut artinya, pertama, kita hari lepas hari semakin mendekat pada Tuhan, maka Tuhan pun akan mendekat pada kita (Yak. 4:8). Bersama Dia, semua masalah dan pergumulan dapat diatasi. Kedua, karena Tuhan selalu menyertai kita. Ini berarti setiap orang Kristen harus berseru kepada Tuhan setiap menghadapi kesesakan. Mazmur 50:15 mengatakan: “Berserulah kepadaKu pada waktu kesesakan”. Jadi setiap kali datang masalah, berseru minta tolong, maka Tuhan akan menjawabnya. Tuhan dekat kepada setiap orang yang berseru kepadaNya (Maz 145:18).

Doa  :     Tuhan, mampukan dan bimbing kami agar hidup kami seturut dengan kehendakMu; tidak perlu takut karena Engkau selalu beserta kami. Amin. (SS)