Sabtu, 29 Desember 2018

KEHIDUPAN YANG TUHAN INGINKAN

Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut Tuhan dari padamu; selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?  (Mikha 6:8)

 Gal. 3:13-14                   BE. 789:1                           Why. 3:11-13

          Nabi Mika melihat kehidupan Samaria dan Yerusalem yang telah jatuh kedalam dosa. Pada Pasal 1 dikatakan: “Dengarlah hai bangsa-bangsa sekalian! Perhatikanlah, hai bumi serta isinya! Biarlah Tuhan Allah menjadi saksi terhadap kamu, karena Samaria dan Yerusalem telah berdosa kepada Allah. Itulah yang dikatakan oleh nabi Mika dalam nats hari ini agar mereka berlaku adil, setia dan rendah hati di hadapan Allah. Peringatan-peringatan ini tidak didengar oleh Israel dan Yehuda, akhirnya mereka terbuang. Israel tidak pernah kembali ke Samaria sejak pembuangannya dan Yehuda harus ditawan dan menjadi bangsa yang terjajah selama 70 tahun di Babilon.

Tujuan Tuhan dalam dalam pembuangan ini adalah agar umat Tuhan kembali ke jalan yang Tuhan inginkan dan hidup dalam kebe-naran. Nabi Yehezkiel mengatakan: “Aku akan membawa kamu ke padang gurun bangsa-bangsa dan disana Aku akan berperkara dengan kamu berhadapan muka muka “. Di padang gurun Babel ini, bangsa Yehuda bertobat dan Allah memulangkan bangsa itu kembali ke Yerusalem dan kembali menikmati kasih setia Tuhan.

Dalam kehidupan kita sebagai orang percaya, Tuhan pun akan menghajar kita, kalau kita hidup didalam dosa. Tujuan Tuhan adalah agar kita hidup sesaui dengan kehendaknya. Pada Ibrani 12 ayat 5 – 6 dikatakan: “Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkanNya; karena Tuhan menghajar orang yang dikasihinya, dan Ia menyesah orang diakuiNya sebagai anak“. Sebab itu, hiduplah sesuai perintah Tuhan.

Doa :  Bapa, perbaharuilah hidup kami sesuai kehendakMu  supaya kami berekenan di hadapanMu. Amin. (TSH)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Sabtu, 29 Desember 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.