HARI PENGHAKIMAN

Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap (2 Petrus 3:10)

 Mat. 24:37-42                     BE. 352:4                       Yer. 46:10-12

        Tidak seorangpun yang tahu kapan akan terjadi akhir zaman, hari penghakiman. Hari Tuhan berawal dari kedatangan Kristus untuk mengangkat umatNya yang setia dan kebinasaan langit dan bumi. Setiap orang-percaya diminta untuk bersiap secara rohani setiap saat menantikan kedatangan Tuhan. Lalu bagaimana seharusnya sikap kita? Petrus mengajarkan hal penting mengenai kedatangan Yesus yang kedua yaitu Tuhan adalah kekal dan tidak dibatasi ruang dan waktu. Waktu Tuhan berbeda dengan manusia. Kita tidak dapat memperkirakan waktunya. Yang dapat kita lakukan adalah menanti dengan sikap berjaga-jaga.

                Tuhan tidak melupakan janji kedatangan-Nya. Petrus menya-takan bahwa Tuhan tidak lalai, tetapi karena kasih Allah yang begitu dalam kepada manusia. Tuhan masih memberi waktu agar mengenal Allah lebih dekat dan berubah dari kelakuan yang tidak berkenan, dari dosa dan kesalahannya. Jika Yesus belum datang berarti itu sebagai tanda kesabaran dan kasih-Nya. Kedatangan Yesus yang menandai akhir dari dunia ini dengan penghakiman kepada orang yang tidak percaya. Artinya, sekarang adalah kesempatan untuk bertobat.

                Tanpa ada  keraguan, setiap orang percaya diminta untuk siaga secara rohani setiap saat dalam menantikan kedatangan Tuhan. Kita semakin bergiat untuk tetap hidup dalam kekudusan. Pada hari itu, Yesus akan memberi mahkota kepada mereka yang hidup dalam kesalehan dan setia beriman kepada Yesus.

Doa:       Ya Tuhan Allah, kami menantikan janjiMu yang tidak berubah. Kami tetap setia menantikan kedatanganMu yang kedua kalinya. Amin. (DSim)