Sabtu, 15 Desember 2018

HIDUP YANG BERKEMENANGAN

Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu (Lukas 21:19)

 Luk. 3:7-9                          BE. 39:1                        Mzm. 96:7-10

          Pada Pasal 21 Injil Lukas, Yesus menubuatkan tentang tanda-tanda akhir zaman. Salah satunya adalah mengenai penderitaan yang akan dialami oleh para murid. Murid Yesus bertanya: “Guru, bilamanakah itu akan terjadi? Dan apakah tanda-tandanya, kalau itu akan terjadi ? “ Jawab Yesus: “Kamu akan ditangkap dan dianiaya; kamu akan dibenci semua orang oleh karena namaKu. Tetapi tidak sehelaipun dari rambut kepalamu akan hilang” ( Luk. 21: 12,17-18). Pada ayat 19 Yesus mengatakan: “Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan beroleh kehidupan“.

                Penggambaran tentang apa yang akan terjadi kepada murid-murid Yesus juga menjadi refleksi dalam kehidupan orang-orang percaya pada zaman-zaman perjalanan kekristenan di muka bumi ini. Penganiayaan dan penderitaan menjadi bagian kehidupan orang Kristen di tengah-tengah orang-orang atau bangsa-bangsa yang membenci Yesus. Semua kejadian ini digenapkan dalam kehidupan kita sebagai orang Kristen seperti yang dinubuatkan Yesus mengatakan: “kamu akan dibenci semua orang oleh karena namaKu“.

                Kalau peristiwa ini terjadi pada diri kita saat ini atau Gereja kita seperti yang dinubuatkan Yesus, bagaimana kita bersikap terhadap penistaan yang kita alami? Yesus menjawab pertanyaan kita itu dengan mengatakan: “Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan beroleh kehidupan“. Kalau kita bisa bertahan, bukanlah oleh karena kekuatan kita, tetapi kita mampu bertahan karena penyertaan Yesus dalam penderitaan yang kita hadapi. Yesus berkata: “Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa samapi kepada akhir zaman“ (Matius 28: 20b). Nikmatilah hidup yang berkemenangan bersama Yesus.

Doa : Bapa, kuatkanlah kami dan Gereja-gereja  dalam menghadapi penistaan dan penganiayaan saat ini. Amin (TSH)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.