MENYAMBUT KEDATANGAN RAJA DAMAI

Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya: “Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!” (Matius 21:9)

 Luk. 1:67-80                   BE. 45:1-2                       Yer. 33:14-16

          Perbuatan-perbuaan ajaib yang dilakukan oleh Yesus di berbagai tempat, seperti menyembuhkan banyak orang sakit, memberi makan lima ribu orang dengan lima roti dan dua ikan, membang-kitkan orang mati, mengusir roh jahat dan berbagai perbuatan ajaib lainnya, membuat banyak orang menjadi percaya dan mengikut Yesus.  Banyak yang percaya bahwa Mesias Juruselamat dunia telah datang seperti janji Allah yang telah dinubuatkan para nabi sebelumnya.  

                Nats ini menjelaskan tentang penyambutan orang banyak yang sangat besar jumlahnya ketika Yesus memasuki Yerusalem. Mereka menghamparkan pakaiannya di jalan. Ada pula yang memotong ranting-ranting dari pohon-pohon dan menyebarkannya di jalan yang dilalui Yesus (Ayat 8).  Mereka mengelu-elukkan kedatangan Yesus dengan penuh sukacita, sebab percaya bahwa Yesus adalah Mesias, Raja Damai, Juruselamat dunia. Mereka telah lama menanti-nantikan kedatanganNya, seperti yang tertulis dalam kitab Nabi-Nabi.

                Yesus telah naik ke sorga dan berjanji akan datang ke dunia untuk kedua kalinya, menjemput orang percaya ke sorga. Seperti orang percaya dalam nats ini yang menyambut kedatangan Yesus di Yerusalem, kitapun hendaklah mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kalinya yang waktunya tidak seorangpun mengetahuinya. Saat ini kita berbahagia merayakan hari kelahiran Yesus. Marilah kita sambut Hari Natal ini dengan penuh sukacita  dan kita berseru: “Hosana. bagi Yesus, terpujilah namaMu!”

Doa:       Jesus adalah Mesias yang dikirimkan Allah untuk kesela-matan umat manusia. Kami sambut kedatanganMu Tuhan dengan penuh percaya dan sukacita. Amin. (JN)