Selasa, 11 Desember 2018

JANGAN TAKUT DAN JANGAN GENTAR

Maka engkau, janganlah takut, hai hamba-Ku Yakub, janganlah gentar, hai Israel! Sebab sesungguhnya, Aku menyelamatkan engkau dari tempat jauh dan keturunanmu dari negeri pembu-angan mereka, Yakub akan kembali dan hidup tenang dan aman, dengan tidak ada yangmengejutkan (Yer. 46:27)

 Yak. 5:7-8                            BE. 42:3                             Yes. 1:27-31

          Allah memakai kerajaan Babel untuk menjatuhkan kesom-bongan Mesir (Ayat 25-26). Peperangan dua kekuatan besar Babel dan Mesir, membuat Israel sebagai bangsa yang kecil dan lemah terjepit dan ketakutan. Tetapi Allah memberi peringatan kepada Israel supaya jangan takut karena Allah tetap memelihara mereka, termasuk orang-orang Israel yang ada di pembuangan (Ayat 27). Tuhan menyertai dan melindungi mereka (Ayat 28), tetapi karena mereka melanggar perintah Tuhan, maka hukuman tetap dilaksanakan. 

                Allah sangat mengasihi kita orang berdosa, sebab itu Dia juga memberi peringatan kepada kita tentang kejadian yang akan datang. Bila kita peka terhadap bisikan Roh Kudus, kita dapat merasakan dan mengerti bisikan itu. Selanjutnya, kita harus memberikan respon dengan menunjukkan ketaatan kita pada FirmanNya melalui perbuatan-perbuatan yang sesuai dengan kehendakNya; kemudian, berdoalah dengan rendah hati, akui kelemahan dan kesalahanmu, mohon ampun, dan berjanjilah untuk tidak melakukan dosa lagi.

                Jika demikian halnya, percayalah, Allah pasti menjawab dan menolong kita sesuai kehendakNya. Allah tidak tergesa-gesa dan tidak pernah terlambat. Ia mengetahui waktu yang baik dan tepat dalam memberikan pertolonganNya. Kapan permohonan itu diberikan? Tak seorangpun tahu, karena waktu Tuhan bukan waktu kita. Tuhan pasti menepati janjiNya, memberikan semuanya indah pada waktunya.

Doa:       Tuhan, bersama-Mu kami tidak takut menghadapi hidup ini, karena Engkau berjanji akan setia menemani kami dan memberkati kami. Amin.  (DEL).

 

About the author: bksmarturia

2 comments to “Selasa, 11 Desember 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.