JANJI PEMULIHAN UMAT TUHAN

Maka kamu akan menjadi umat-Ku, dan Aku akan menjadi Allahmu (Yeremia 30:22)

 Yes. 53:2-5                       BE. 456:1                                Yes.12:1-3

              Nats renungan kita hari ini, adalah bagian dari nubuat Yeremia kepada bangsa Israel yang berada di Yerusalem maupun yang berada di luar Yerusalem yaitu di Babel. Saat itu, mereka berada dalam keputusasaan, karena penderitaan dan kesengsaraan sisa-sisa yang tinggal di Yerusalem karena pembuangan Babel. Yeremia bernubuat tentang pemulihan di masa depan dan penebusan Israel Utara dan Israel Selatan. Mereka menghadapi banyak penderitaan karena kesalahan dan dosa mereka banyak (Yer. 30:15).

Mereka tidak dapat berbuat apa-apa, karena tidak ada yang membela haknya, tidak ada obat untuk bisul, kesembuhan tidak ada baginya (Yer. 30:13). Firman Tuhan mengatakan sekelompok sisa akan tetap ada dan melalui mereka Allah akan melaksanakan kehendakNya bagi dunia. Tuhan akan mematahkan kuk dari tengkuk mereka dan memutuskan tali-tali pengikat mereka dan mereka tidak akan mengabdi lagi kepada orang-orang asing (Yer. 30:9). Mereka akan mengabdi hanya kepada Tuhan Allah mereka.

Jadi mereka akan hidup dalam damai sejahtera dan aman. Bangsa-bangsa yang menentang Allah dan menganiaya mereka akan dibinasakan (Yer. 30:11). Ayat ini mengingatkan kita sebagai orang Kristen pengikut Kristus; pertama, sadarilah apabila saudara tergelincir berbuat salah atau dosa, segeralah sadar dan bertobat. Berbalik dari kesalahan dosa tersebut, bertobat, menyesali kesalahannya agar berkat-berkat Tuhan pulih kembali pada saudara. Kedua, Tuhan kita maha baik, pengampun dan panjang sabar, sumber kehidupan. Oleh karena itu hiduplah bersama Tuhan. Hidup mengandalkan Tuhan, menjadi umat yang setia. Dialah tempat kita memohon.

 Doa:       Tuhan, pulihkanlah kami dari dosa-dosa kami, supaya kami  selalu berkenan di hadapanMu. Amin. (SS)