TUHAN KEPERCAYAANKU SEJAK MUDA

Sebab Engkaulah harapanku, ya Tuhan, kepercayaanku sejak masa muda, ya Allah (Mazmur 71:5)

 Yes. 60:1-4                           BE. 41:4                             Yes. 42:1-7

         Nats ini adalah sebagian dari doa minta perlindungan di masa tua kepada Allah Bapa di Sorga. Bahwa sejak kecil pemazmur telah belajar berdoa, bernyanyi memuji-muji Tuhan dan belajar Firman. Pendidikan tersebut membuat iman yang telah diterimanya itu menjadi suatu keyakinan yang mendalam dan teguh. Allah adalah dasar hidupnya yang menjadi bukit batunya dan pelindungnya seka-lipun timbul tantangan dan kesulitan dalam hidupnya.

                Pada masa tua, memang banyak persoalan yang dihadapi oleh setiap eorang antara lain: (1) kesehatan menurun; (2) kehilangan orang yang dikasihi; (3) penghasilan berkurang; (4) masalah keluarga; (5) masalahkeadilan sosial dalam masyarakat dan lingkungan, dan lain-lain. Dalam kesulitan yang menggugat makna hidupnya, pemazmur tidak mengalah, tetapi menaruh harapannya akan kuasa Allah yang adil itu. Ayub juga dulu seperti itu. Ayub tidak mengaku salah, sesuai dengan nasihat rekan-rekannya. Dia terus bergumul dengan Allah dan sadar sampai mengaku kekuasaan Tuhan. Akhirnya, Tuhan membe-rikan berkat yang lebih banyak diterimanya dari semula.

                Demikianlah pemazmur menahan segala kesulitan yang dialaminya dengan harapan dan keyakinan bahwa Tuhan akan bertindak lagi memberikan berkat yang baru, sehingga ia akan disanggupkan memuji Dia lagi dan memberitakan kasih serta keadilanNya kepada angkatan baru sebagai generasi penerus. Marilah seperti pemazmur berserah kepada Tuhan dan mengatakan: “Tuhan, kepadaMu aku berlindung, lepaskanlah aku dan luputkanlah aku, oleh karena keadilanMu kepadaku” (Ayat 1-2).

 Doa  :     Tuhan Yesus, kami berserah kepadaMu saja, karena kami percaya bahwa Tuhan adalah bukit batu dan pelindung kami yang abadi. Amin. (TDLB)