MAKIN DEKAT KEPADA TUHAN

Sesudah itu orang Israel akan berbalik dan akan mencari Tuhan, Allah mereka, dan Daud, raja mereka. Mereka akan datang dengan gementar kepada Tuhan dan kepada kebaikanNya pada hari-hari yang terakhir (Hosea 3: 5)

Yoh.  5:24                        BE. 738b:1                           Bil. 16:28-33

          Nats ini merupakan Firman Tuhan kepada nabi Hosea pada zaman Usia, Yotan, Ahas dan Hizkia raja di Yehuda, dan Yero-beam raja di Israel. Pada saat itu persundalan dan berbagai kejahatan sedang marak di kalangan umat Israel. Tuhan marah dan membiarkan mereka hidup susah supaya mau bertobat. Supaya Hosea berterima di kalangan mereka, dia sendiri atas pentunjuk Tuhan harus mengawini salah seorang dari perempuan sundal itu. Pada akhirnya mereka bertobat dan kembali mendekat kepada Tuhan.

                Dalam puluhan tahun terakhir ini semakin terasa kesulitan hidup yang dialami oleh banyak anggota jemaat, baik di Bona Pasogit  maupun di daerah “parserahan”. Dan bila kita mau jujur, sesungguhnya banyak diantara jemaat kita yang melakukan hal-hal yang tidak berkenan di hati Tuhan antara lain: Menduakan Tuhan atau percaya pada kuasa berhala, penipuan dan kejahatan, perzinahan, kekerasan dalam rumah tangga dan perceraian. Akibatnya tanah yang kita olah atau pekerjaan yang kita tekuni tidak terberkati, kehidupan kita tidak terberkati, kehidupan keluarga menjadi tidak rukun dan tidak terberkati.

                Nats hari ini mengundang kita untuk bertobat dan mendekat kepada Tuhan; dengan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk masa lampau, sehingga Tuhan berkenan memberkati hidup kita dan pekerjaan-pekerjaan  yang telah dan akan kita lakukan. Para hamba Tuhan harus seperti nabi Hosea tidak berhenti-henti menyuarakan pertobatan perilaku kehidupan. Bukan pertobatan yang berpura-pura, tetapi pertobatan yang tulus dan sungguh-sungguh.

Doa  :     Terima kasih Tuhan yang mengajar kami semakin dekat kepadaMu melalui pertobatan. Amin. (PJS)