AKU BERSERAH KEPADAMU TUHAN

Ke dalam tanganMulah kuserahkan nyawaku; Engkau membe-baskan aku, ya Tuhan, Allah yang setia (Mazmur 31:6)

Yak. 2:14-26                    BE.459:2                                Yoel 3:1-3

          Daud mengalami pergumulan yang luar biasa dalam hidupnya. Raja yang sangat berkuasa memusuhi dia, bahkan bermaksud membunuh dia, walaupun dia tidak melakukan kesalahan dan tidak berbuat dosa. Bahkan dia berbuat baik dan melakukan yang baik bagi raja Saul, tetapi justru raja Saul menginginkan kematiannya. Saul mengerahkan ribuan perajuritnya untuk membunuh Daud.  Daud tidak membalas yang jahat dengan yang jahat walaupun ada kesempatan untuk itu. Dia tetap membalas yang jahat dengan yang baik karena dia sadar bahwa raja Saul telah diurapi Tuhan dan itulah kehendak Tuhan.

                Dalam seluruh pergumulannya Daud tidak putus asa atau melakukan yang tidak berkenan di hati Tuhan. Daud justru datang menyerahkan dirinya kepada Tuhan agar Tuhan membebaskan dia. Karena Daud menyerahkan dirinya kepada Tuhan, maka Tuhanlah yang memelihara, menjagai dan melindungi Daud. Seperti syair lagu kita hari ini: Waktu Tuhan Yesus mati pada salib Golgota; Kehidupan abadi bagi semua umatNya. Kuserahkan pada Yesus tubuh serta jiwaku. Tuhan Yesus penebusku aku ini milikMu.

                Melalui nats hari ini kita diajar agar meneladani Daud dalam menghadapi pergumulan atau pencobaan dalam hidup ini. Mari kita serahkan semua pergumulan kita kepada Tuhan Yesus agar Dia yang bertindak. Kita tidak boleh membenci atau balas dendam kepada orang yang bermaksud jahat kepada kita. Sebaliknya kita harus mengasihi mereka, berbuat baik kepada mereka, mendoakan dan minta berkat Tuhan bagi mereka (Luk. 6:27). Yesus sudah berjanji memelihara kita sampai akhir jaman, asal kita berserah kepadaNya.

Doa:       Tuhan Yesus, kami serahkan seluruh hidup kami kepa-daMu. Biarlah Engkau yang memelihara dan menjagai kami dari segala yang jahat. Amin. (RP)