Senin, 26 November 2018

TETAP SIAP SEDIA

Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala (Lukas 12:35)

 Why. 21:1-7                    BE. 518:4                         Yes. 65:17-19

         Orang lebih senang menjadi tuan daripada menjadi hamba. Yang dibayangkan adalah kedudukan tinggi dan kuasa atas para hambanya. Ada juga orang yang senang menyebut dirinya “hamba Tuhan”. Namun dengan posisi itu, minta dilayani oleh jemaatnya tidak sebanding dengan pelayanannya. Bahkan ada juga yang tidak malu meminta fasilitas dan keistimewaan. 

Nats ini mengajarkan agar kita selaku hamba tetap siap sedia melayani Tuhan Yesus. Itulah tuntutan hidup seorang hamba. Dalam situasi dan kondisi apa pun, hamba harus dalam keadaan siaga. Kesiagaan itu digambarkan dengan ”hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala”. Fungsi utama hamba adalah melayani tuannya. Pelayanan memang memerlukan sarana dan prasa-rana, namun hanya untuk memperlancar pelayanan. Maka setiap orang yang kepadanya banyak diberi, daripadanya akan banyak diminta, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut. Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang.

 ”Pelitamu tetap menyala” mengingatkan kita agar selalu siap sedia, berjaga-jaga. Betapa pentingnya pelita untuk menjauhkan kita dari kegelapan. Dunia yang kita tempati sekarang berisi banyak hal yang berpotensi menggiring kita semua menuju kegelapan rohani. Kapan saja Tuhan Yesus datang, kita harus tetap dalam keadaan siaga menyambutNya. Ingat perumpamaan lima gadis bodoh yang menyesal karena tidak mempersiapkan diri. Siaga artinya kita siap memper-tanggung jawabkan tugas hamba yang diberikan kepada kita.

Doa:       Ya Tuhan Yesus, kuatkan iman kami untuk tetap setia kepadaMu dan selalu siap siaga mempersiapkan diri menyambut kedatanganMu. Amin. (DSim)

 

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.