Jumat, 23 November 2018

JAMINAN KESELAMATAN HAMBA TUHAN

Tetapi aku berkata: “Aku telah bersusah-susah dengan percuma, dan telah menghabiskan kekuatanku dengan sia-sia dan tak berguna; namun, hakku terjamin pada Tuhan dan upahku pada Allahku” (Yesaya 49:4)

Luk. 22:31-38                BE. 229:3                               Why. 18:1-10

          Bagi Hamba Tuhan yang setia, pengalaman bersusah payah dan tekun melakukan pengutusan Tuhan memberitakan firmanNya, akan meneguhkan iman tentang  jaminan masa depan di tangan Tuhan. Nats di atas menggambarkan bahwa tugasnya sangat sulit karena Tuhan yang mengutusnya ditolak oleh bangsaNya. Namun pada ayat 5-6 ditegaskan bahwa penolakan ini bermakna sebagai berkat dan terang bagi orang non Jahudi, sehingga seluruh dunia menerima keselamatan dari Tuhan, semua raja bangkit memberi hormat dan pembesar-pembesar akan sujud menyembah Tuhan Yang Maha Kudus, Allah Israel!  Ini kesaksian kuasa Tuhan Pencipta langit dan bumi, dan segala sesuatu di alam semesta adalah rancanganNya, yang adalah rancangan damai sejahtera bukan rancangan kecelakaan.

                Penolakan Israel kepada Yesus tidak membuat kasihNya kembali kepadaNya dengan sia-sia, melainkan bekerja lebih luas, yaitu  Yesus Sang Juruselamat, menjadi keselamatan bagi seluruh dunia bukan hanya bagi Israel, akan tetapi juga bagi kita non Yahudi.

                Memberitakan perbuatan kasih Allah Bapa dalam Tuhan Yesus adalah tugas semua orang percaya, Imamat yang rajani (1 Ptr. 2:9). Sebab itu, mari kita masing-masing menjadi garam dan terang, dalam panggilan dan peran hidup kita dari Tuhan yang membentuk kita sejak dari kandungan ibu kita. Beritakanlah kasih Allah Bapa dalam Yesus Kristus dengan keberanian dan ketabahan, dalam keyakinan akan jaminan keselamatanNya dalam Yesus Kristus.

Doa :  Terimakasih Tuhan atas kasih karunia keselamatan yang Tuhan anugerahkan. Mampukan kami melakukan pengu-tusanMu memeritakan Juruselamat itu. Amin. (BDFS)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.