TUBUHMU ADALAH BAIT ROH KUDUS

Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah,  dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? (1 Korintus 6:19)

1 Kor. 12:12-31                 BE. 257:6                             Why. 17:7-14

         Paulus mengirimkan surat penggembalaan kepada jemaat di Korintus menyangkut 3 hal, yaitu: (1) Perkara keadilan antara orang percaya, (2) Orang jahat tidak akan mewarisi kerajaan sorga, dan (3) Nasihat terhadap percabulan. Dan secara khusus dalam ayat ini diperingatkan agar jemaat menjaga kekudusan tubuh, karena tubuh jemaat adalah bait Roh Kudus. 

                Di saat kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita secara pribadi, maka sebagai orang Kristen sejati, tubuh kita adalah tempat tinggal pribadi Roh Kudus (Roma 8:11). Roh itu merupakan tanda dari Allah yang menyatakan bahwa kita adalah milikNya. Karena Roh itu tinggal di dalam diri kita dan kita menjadi milik Allah, maka tubuh kita sama sekali tidak boleh dicemarkan oleh kenajisan atau kejahatan apa pun, baik oleh pikiran, keinginan, tindakan, film, buku mau pun majalah cabul. Sebaliknya, perilaku hidup kita haruslah menghormati dan memuliakan Allah melalui tubuh kita (Ayat 20).

                Bagaimana kehidupan jemaat Allah dewasa ini? Apakah setia menjaga kekudusan tubuh? Adakah yang kecanduan minuman keras, narkotika dan obat-obat terlarang?  Masihkah melakukan percabulan? Agar hubungan kita tetap terjaga intim dengan Tuhan, dan supaya Tuhan berkenan atas hidup kita, kita harus menjauhkan diri dari percabulan dan segala kebiasaan penggunaan bahan yang merusak tubuh kita, termasuk juga agar menghindari kebiasaan merokok, yang dapat mengganggu kesehatan kita dan sesama.

Doa  :     Tolong kami Roh Kudus menguasai diri kami dalam segala hal, agar kami mampu menjaga kekudusan tubuh kami untuk kemuliaanMu. Amin. (TAS)