Sabtu, 17 November 2018

MENURUTI FIRMAN TUHAN

Barang siapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman  yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, mela-inkan dari Bapa  yang mengutus  Aku (Yohanes 14:24)

Mat. 15:11a-18-20               BE. 723:2                           Why. 16:1-9

         Tuhan Yesus meminta murid-muridNya mengasihi Dia dengan menuruti Dia melaksanakan FirmanNya. Yesus mengatakan demikian karena tidak lama lagi Dia akan meninggalkan mereka. Dalam ayat 25 Yesus mengatakan: “Semuanya itu Kukatakan kepa-damu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu“. Yesus menghimbau, apabila para murid mengasihiNya, maka mereka harus memegang teguh perintahNya dan melaksanakannya. Mereka tidak bisa mengandalkan Yesus secara fisik lagi karena Dia akan mening-galkan mereka. Tetapi Yesus menjanjikan akan kehadiran Roh Penghibur, yaitu Roh Kudus yang akan mengajarkan segala sesuatu dan menuntun murid-muridNya melaksanakan FirmanNya.

                Kehadiran Tuhan dalam hidup kita dapat dirasakan melalui firmanNya. Mematuhi firmanNya berarti kita mengasihi dan mencintai Tuhan Yesus. Roh Kudus akan selalu mengajar kita untuk memahami Firman Tuhan dan menuntun dan memampukan kita untuk melaksa-nakannya. Dengan bimbingan Roh Kudus, kita dapat mengasihi Tuhan dengan segenap hati kita, dengan segenap jiwa kita, dengan segenap akal budi kita dan dengan segenap kekuatan kita (Mark. 12:30).

                Lebih lanjut Yesus berfirman: “Inilah perintah-Ku, supaya kamu saling mengasihi seperti Aku telah mengasihi kamu” (Yoh. 15:12). Dengan demikian Tuhan Yesus akan bersukacita, dan sukacitaNya berada di dalam kita, dan sukacita kita menjadi penuh (Yoh. 15:11). Sukacita kita menjadi penuh karena  Dia akan memberikan apa yang kita minta, jika kita tinggal di dalam firmanNya (Yoh. 15:7).

 Doa  :     Tuhan, biarlah Roh KudusMu selalu membimbing kami melaksanakan firmanMu, selalu mengasihi Engkau dan mengasihi sesama manusia. Amin. (LPH)

 

About the author: bksmarturia

2 comments to “Sabtu, 17 November 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.