Selasa, 13 November 2018

JANGANLAH TAKUT, TUHAN BERSAMAMU!

Ketika itu aku berkata kepadamu: Janganlah gemetar, janganlah takut kepada mereka. Tuhan, Allahmu, yang berjalan di depanmu, Dialah yang akan berperang untukmu sama seperti yang dilaku-kanNya bagimu di Mesir, di depan matamu (Ul. 1:29-30)

Kel. 18:13-27                      BE. 790:2                         Why.14:1-5

 

       Nats ini adalah sabda Tuhan kepada bangsa Israel agar mereka tidak takut memasuki dan menduduki tanah Kanaan yang dijan-jikan Tuhan menjadi milik mereka, karena Tuhan bersama mereka. Untuk mengetahui keadaan tanah Kanaan Musa lebih dulu mengutus dua belas orang pengintai yang dipilih satu orang dari setiap suku. Setelah melakukan pengintaian selama 40 hari maka laporan para pengintai mengatakan bahwa negeri itu berlimpah susu dan madu. Akan tetapi bangsa yang diam di negeri itu sangat kuat-kuat dan kota-kotanya besar dan sangat terlindungi.

                Dari laporan negatif sepuluh orang pengintai mengakibatkan bangsa Israel takut untuk menduduki Tanah Perjanjian. Kendati laporan positif dari Yosua dan Kaleb mengatakan bahwa tanah itu subur, musuh-musuh dapat mudah dikalahkan dan ditaklukkkan karena Allah berada di pihak mereka, bangsa itu malah menggerutu dan berkata: Karena Tuhan membenci kita, maka Ia membawa kita keluar dari tanah Mesir untuk menyerahkan ketangan orang Amori untuk dimusnahkan (Ayat 27). Dalam rasa kebimbangan seperti itu, Tuhan bersabda supaya tidak takut dan Tuhan sendiri yang berjalan di depan, bahkan berperang mengalahkan bangsa-bangsa Tanah Kanan itu.

                Kenyataannya, dengan berserah kepada Tuhan, bangsa Israel dapat mengalahkan semua suku itu serta menguasai Tanah Kanan sesuai janji Tuhan. Bagi Tuhan tidak ada yang mustahil. Semua perso-alan akan dapat kita atasi dengan mengandalkan Tuhan.

Doa  :     Tuhan Yesus, kami mau berserah kepadaMu, karena dengan mengandalkan Tuhan, kami akan dapat mengatasi semua masalah yang kami hadapi. Amin. (TDLB)

 

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.