BERSAKSI AKAN KEBENARAN TUHAN

Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku (Yohanes 15: 26-27)

2 Ptr. 1:10-14                      BE. 571:5                                Yer. 20:7-9

           Yesus menyatakan kepada murid-muridNya bahwa Dia dibenci oleh dunia ini, bahkan Dia akan menghadapi penderitaan, dan pada waktunya Dia akan naik ke Sorga. Dengan demikian, penguasa dunia ini juga akan membenci semua pengikut Tuhan Yesus. Mendengar pernyataan Yesus tersebut, murid-murid menjadi merasa gentar. Melihat kekhawatiran seperti itu, Yesus langsung menguatkan hati mereka dengan ucapan seperti pada nats di atas: Bahwa Allah Bapa akan mengirimkan Roh Penghibur.

                Roh Penghibur adalah Roh Kudus, Roh Kebenaran, berperan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran, dan penghakiman (Yoh. 16:7-8). Roh Kudus akan menyertai mereka selama-lamanya. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kita orang-orang percaya mengenal Dia, sebab Dia menyertai kita dan diam di dalam kita (14:16-17). Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepada kita dan mengingatkan kita akan semua yang telah difirmankan Tuhan kepada kita (14:26).

                Dengan bimbingan dan tuntunan Roh Kudus tersebut, kita diminta untuk berani bersaksi akan Yesus yang telah mati menebus dosa umat manusia, bangkit dari antara orang mati, dan naik ke Surga. Kita harus berani bersaksi bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat manusia, walaupun kita menjadi dibenci oleh dunia ini. Kita tidak perlu khawatir menghadapi tekanan dunia ini karena Roh Kudus akan selalu menyertai, menolong dan menguatkan kita.

Doa  :     Bapa sorgawi, tuntunlah kami dengan RohMu, agar kami berani bersaksi akan kebenaran FirmanMu, bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat dunia. Amin. (AHSim)