Kamis, 1 November 2018

BERTOLONG-TOLONGAN MENANGGUNG BEBAN

Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus (Galatia 6:2)

2 Kor. 8:7-12                  BE. 125:3                               Im. 19: 9-10

           Rasul Paulus menasihatkan jemaat supaya hidup oleh Roh tidak menuruti keinginan daging. Orang yang hidup tunduk pada keinginan daging akan melakukan berbagai bentuk kejahatan yang tidak berkenan di hadapan Tuhan dan sebab itu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. Sebaliknya orang yang hidup oleh Roh akan hidup dalam damai sejahtera Tuhan Allah dan dimam-pukan melawan segala yang jahat.

                Mereka yang hidup dalam kuasa kedagingan sebenarnya menanggung beban berat, diperhamba nafsu kedagingan itu. Sebab itu Paulus menasehatkan supaya anak-anak Tuhan yang hidup oleh Roh menolong dan memimpin mereka yang masih diperhamba nafsu kedagingan ke jalan yang benar, dengan tetap menjaga diri supaya tidak jatuh ke dalam pencobaan. Firmanya di ayat 86 mengatakan: “ Barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu.” Sebab itu Paulus menasehatkan: “Selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, terutama kepada kawan kita seiman.” (Ayat 10).

                Sebagai manusia yang mempunyai keterbatasan, setiap orang pada dasarnya membutuhkan dukungan atau bantuan dari orang lain. Itu sebabnya Paulus menasehatkan supaya kita saling bertolong-tolongan menanggung beban dan mengatasi masalah yang kita hadapi. Dengan bertolong-tolongan, kita dapat saling melengkapi. Disamping beban berat dapat menjadi terasa lebih ringan, dengan saling melengkapi kita dapat  mendekat menuju kesempurnaan, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun menuju kedewasaan iman.

 Doa  :     Ajar dan mampukan kami Tuhan untuk saling bertolong-tolongan dalam menanggung beban dan dalam pendewa-saan iman percaya kami kepadaMu. Amin. (PJS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Kamis, 1 November 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.