Rabu, 31 Oktober 2018

MEMPERDULIKAN ORANG MISKIN

Pada waktu kamu menuai hasil tanahmu, janganlah kau sabit ladangmu habis-habis sampai ke tepinya dan janganlah kau pungut apa yang ketinggalan dari penuaianmu, semuanya itu harus kau tinggalkan bagi orang miskin dan bagi orang asing; Akulah Tuhan, Allahmu.” (Imamat 23:22)

Kis. 6:1-6                                      BE. 308:9                                Hak. 8:4-15

           Nats ini adalah bagian dari hukum Tuhan kepada umat Israel apabila mereka telah masuk ke tanah Kanaan. Di saat mereka-mereka menyabit tanah yang mereka tanami ada aturan-aturan yang mereka harus turuti supaya mereka berbelas kasihan kepada orang-orang miskin yang ada diantara mereka. Sama seperti Tuhan Allah berbelas kasihan kepada mereka. Mereka diberkati untuk menjadi saluran berkat. Orang-orang miskin yang ada di tengah-tengah mereka yang tidak punya ladang juga harus hidup sama seperti mereka hidup.

Bagaimana penerapannya untuk masyarakat Kristen yang bukan petani, yang tidak menyabit dan menuai?  Apapun pekerjaan kita sebagai karyawan, pengusaha, guru atau parhalado, semua dapat tuaian dari Tuhan berupa penghasilan. Di Gereja manapun kita menjadi anggota, pasti ada warga yang miskin yang memerlukan uluran tangan untuk menolongnya. Marilah kita hidupkan pekerjaan diakonia Gereja kita sehingga Gereja menjadi saluran berkat bagi orang lain.

Bukan persoalan besarnya pendapatan atau hasil usaha kita untuk dapat menjadi saluran berkat, tetapi maukah kita menjadi saluran berkat. Sebesar apapun pendapatan kita, Tuhan telah memberkati kita dan meminta kita untuk saluran berkat  bagi orang lain. Mari kita memohon pertolongan Roh Kudus agar hati kita digerakkan memberi kepada orang-orang lain sesama kita.

Doa  :     Tolong kami Tuhan Yesus untuk dapat menjadi saluran berkatMu menyisihkan dari pendapatan kami untuk saudara-saudara kami yang membutuhkan itu. Amin. (RP)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Rabu, 31 Oktober 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.