Senin, 29 Oktober 2018

MENJADI SALURAN BERKAT

Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima (Kisah 20:35)

Rm. 12:6-8                                 BE. 716:1+3                               Ul. 15:7-11

            Dalam perjalanan rombongan rasul Paulus dari Makedonia ke Yerusalem, mereka singgah di Miletus. Untuk menghemat waktu, para penetua dari Efesus diminta datang untuk bertemu di Miletus. Dalam pertemuan singkat tersebut, rasul Paulus memberikan beberapa nasehat penggembalaan dan mengatakan pemberitaan yang diperkirakan akan dihadapinya di Yerusalem, terutama dari pihak Yahudi yang sejak lama bermaksud membunuhnya.

Kepada para penetua jemaat dari Efesus dinasihatkan supaya mereka memperkuat diri dalam mengatasi tantangan besar yang akan mereka hadapi dan supaya mereka tekun berdoa minta pertolongan Tuhan dalam menggembalakan jemaat. Seperti Paulus, para penetua harus siap bekerja keras, bukan saja untuk memenuhi kebutuhan sendiri, akan tetapi juga supaya dapat membantu orang-orang lemah. Dengan demikian kita telah menjadi saluran berkat bagi orang lain.

Tuhan menghendaki umatnya untuk rajin bekerja dan dengan sepenuh hati. Sebagaimana disebut pemazmur, orang yang memakan hasil jerih payah tangannya akan berbahagia, isterinya menjadi seperti pohon anggur yang subur, anak-anaknya seperti tunas pohon zaitun, semuanya diberkati Tuhan (Maz. 128). Dengan bekerja tekun seperti itu, hidup kita tidak tergantung pada orang lain, bahkan kita dapat menjadi saluran berkat menolong orang lain. Ingat: lebih bahagia orang yang memberi dari pada yang menerima.

Doa:       Tuhan, ajar kami untuk rajin dan tekun bekerja, supaya
kami Tuhan pakai menjadi saluran berkatMu menolong
orang lain. Amin. (PJS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Senin, 29 Oktober 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.