Sabtu, 27 Oktober 2018

 

TAKUT DAN BERSERAH PADA TUHAN

Maka sekarang, hai orang Israel, apakah yang dimintakan dari padamu oleh Tuhan, Allahmu, selain dari takut akan Tuhan, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkanNya, menga-sihi Dia, beribadah kepada Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu (Ul. 10:12)

Flp. 4:8-9                                       BE. 691:1-2                     Mzm. 100:1- 5

        Tuhan tidak menuntut banyak hal dari kita umatNya. Kita hanya diminta untuk takut dan taat kepadaNya. Takut akan Tuhan berarti mengagumiNya. Takut akan Tuhan juga berarti mem-benci kejahatan, kesombongan, dan jalan yang jahat. Rasa takut akan Tuhan akan membuat kita menjauhkan lidah kita dari bicara jahat. Rasa takut akan Tuhan adalah permulaan hikmat.

Inilah yang Tuhan tuntut dari kita: Takut akan Dia, berjalan di jalanNya, mencintai dan melayani Dia dengan segenap hati dan jiwa. Namun berapa banyak dari kita yang dapat dengan jujur ​​mengatakan bahwa kita telah memenuhi semua persyaratan Allah? Jawaban Yesus sangat menarik. “Ini adalah pekerjaan Allah, bahwa kamu percaya kepada Dia yang telah Dia utus” (Yoh. 6: 29).

Mungkin kita berusaha mencoba untuk memenuhi persyaratan Tuhan, tetapi apa yang kita temukan?. Meskipun roh mungkin bersedia, tetapi daging lemah. Yesus telah membayar harga untuk penebusan kita. Dia memberi kita karunia Roh Kudus. Tujuan karunia Roh Kudus adalah memberi kita kekuatan atau kemampuan untuk memenuhi apa yang menjadi persyaratan Allah. Tuhan tidak lagi melihat karya kita yang lemah, tetapi pada karya Yesus. Beribadah kepada Tuhan dengan segenap hati dan segenap jiwa tidak mungkin dapat kita lakukan tanpa kuasa Roh Kudus. Takut pada Tuhan dan berserah kepadaNya berarti menyerahkan diri untuk dibimbing oleh Roh Kudus.

Doa:       Tuhan, tolonglah kami untuk dapat melakukan perintahMu, takut kepadaMu dan berjalan di jalanMu, melayani Engkau dengan segenap hati dan jiwa kami. Amin. (DSim)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Sabtu, 27 Oktober 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.