Rabu, 17 Oktober 2018

PERCAYA PADA KEBENARAN FIRMAN TUHAN  

Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat oleh murid-muridNya bahwa hal itu telah dikatakanNya, dan mereka pun percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus (Yohanes 2:22)

Rm. 15:1-4                                BE. 174:4                              Yes. 40:6-8

           Orang Yahudi sangat marah ketika Yesus berkata kepada mereka: “Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali” (Ayat 19). Mereka tidak  mengingat bahwa seorang peternak domba dari Tekoa pernah dipilih Tuhan untuk bernubuat terhadap umat Israel. Tuhan berfirman kepada Amos untuk disampaikan kepada umat Israel, sebagai peringatan agar mau meninggalkan perbuatan jahat mereka. Tuhan berfirman melalui pengli-hatan-penglihatan yang diberikan kepada Amos.

Nats ini merupakan bukti kesetiaan Tuhan kepada umatNya Israel agar mau mencari Tuhan dan berbalik kepadaNya supaya mereka hidup. Mereka diingatkan untuk tidak pergi ke Betel, Gilgal dan Bersyeba sebab ketiga tempat tersebut merupakan tempat orang-orang yang banyak berbuat jahat dan Tuhan akan melenyapkannya seperti Sodom dan Gomorah. Orang Israel tetap membandel dan tidak mau menerima peringatan Tuhan bahkan melalui Amazia, imam di Betel, mereka mengusir Amos dari Betel. Akibat penolakan umat Israel maka hukuman Tuhan akan terjadi seperti nubuatan yang disampaikan Amos yaitu keruntuhan Israel dan penderitaan yang akan mereka jalani.

Yesus Kristus juga sangat mengasihi dan setia kepada kita pengikutNya. Ia rela mati di kayu salib untuk menebus dosa-dosa kita supaya kita beroleh keselamatan. Agar pengorbanan Kristus tidak sia-sia, hendaklah kita tidak membandel seperti orang Israel tetapi marilah kita melakukan firmanNya dengan sepenuh hati dalam kehidupan ini.

Doa  :     Tuhan, firmanMu telah memberikan pedoman hidup bagi      kami. Bimbing kami Tuhan untuk mematuhi dan melaku-kannya dengan setia. Amin. (JN)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Rabu, 17 Oktober 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.