YESUS MEMBUKA HATI UNTUK PERCAYA

Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci (Lukas 24:45)

Rm. 1:16-17                               BE. 30:2                              Ul. 30:11-14

           Waktu kita membaca Alkitab, pasti kita pernah mengalami sukar mengertinya. Bahkan sudah mencoba membacanya berulang-ulang, dengan pelan dan cermat, tetapi tetap sukar memaha-minya. Kitab Kejadian hingga kitab Wahyu bukanlah buku bacaan biasa, bukan pula buku sejarah. Alkitab adalah Firman Allah yang berisikan petunjuk agar manusia tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal. Tidaklah mengherankan jika Iblis berusaha keras agar orang tidak bisa mengerti Alkitab. FirmanNya: “Orang-orang yang di pinggir jalan, tempat firman itu ditaburkan, ialah mereka yang mendengar firman, lalu datanglah Iblis dan mengambil firman yang baru ditaburkan di dalam mereka” (Markus 4:15).

Berbagai cara dilakukan Iblis untuk mencuri firmanNya dari kita; di antaranya, membuat kita sukar berkonsentrasi, lebih cepat mengantuk, sukar  menangkap pesan Tuhan melalui membaca Alkitab. Seolah-olah ada selubung yang menutupi hati dan pikiran kita.

Karena itu berdoalah agar Roh Kudus membukakan pikiran kita ketika membaca Alkitab. Roh Kudus akan menuntun pikiran kita kepada pengertian yang tepat mengenai ayat-ayat Alkitab. “Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diriNya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengarNya itulah yang akan dikatakanNya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang” (Yoh.16:13). Roh Kudus akan memimpin kita sehingga kita tidak mudah dipengaruhi oleh beragam pengajaran, oleh permainan palsu manusia, dan oleh kelicikan mereka yang menyesatkan.

Doa  :     Tuhan, bukakanlah hati dan pikiran kami, agar kami boleh mengerti firmanMu dan dapat berubah, bertumbuh ke arah yang Engkau kehendaki. Amin. (LasN)