Rabu, 3 Oktober 2018

MENJADI TELADAN SEBAGAI ORANG BIJAK

Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang (Amsal 13:20)

Luk. 17:11-19                    BE. 725:1                          Ams. 5:20-23

         Amsal mengungkapkan  suatu prinsip atau sebuah pengamatan tentang perilaku manusia dari sudut pandangan Allah. Amsal ini digubah untuk mengajar umat Allah bagaimana menjalankan hidup yang menyenangkan Allah. Memiliki hidup yang berhasil dan berbahagia dan menjauhi kesusahan hidup yang diakibatkan oleh dosa. Salomo memohon hikmat dari Allah dan dikabulkan. Akan tetapi di kemudian hari Salomo sendiri tidak mengikuti hikmat yang dianugerahkan Allah kepadanya. Dia gagal untuk bertekun dalam takut akan Allah; hati Salomo menyimpang. Jadi sekedar mengetahui atau mengajarkan prinsip moral Firman Allah tidak cukup untuk memastikan  kehidupan rohani seseorang; harus sampai pada praktek hidup.

Lewat ayat ini dibandingkan pikiran mengenai “bergaul dengan orang bijak” dengan berteman dengan “orang jahat”. Dibedakan sikap hidup orang benar dan sikap hidup orang fasik. Orang yang bergaul dengan orang  bijak menjadi bijak. Pengajaran tentang bergaul dengan orang bijak tidak banyak dalam Alkitab ini, yang biasa adalah peringatan  untuk tidak bergaul dengan orang bebal. Bergaul artinya hidup dekat bahkan hidup bersama dengan orang bijak sehingga memenuhi gaya hidup seorang yang bijak.

Hikmat akan diperoleh bukan hanya lewat nasihat atau pengajaran akan tetapi melalui keteladanan dan pergaulan. Kitab Amsal sarat dengan pengajaran tentang pergaulan yang sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter. Sementara orang fasik suka bergaul dengan orang bebal, menjadi malang dan mendapat masalah, karena dia sendiri akan bersikap dan bertindak seperti orang bebal.  Kebijaksanaan adalah cermin kehidupan orang percaya.

Doa  :     Bapa, ajar dan tuntunlah kami menjadi bijaksana dalam menjalani kehidupan kami hari lepas hari.  Amin. (PMS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Rabu, 3 Oktober 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.