Selasa, 2 Oktober 2018

MENJADI GARAM DUNIA

Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang (Matius 5:13)

Rm. 12:2-3                      BE. 179:1                             Kel. 12:24-27

        Tidak ada dari antara kita yang tidak mengenal garam. Tidak ada pula yang tidak mengerti akan kegunaan garam. Yang jelas kita semua  pasti sepakat, garam membuat makanan atau sayuran tidak hambar; garam membuat makanan enak. Dan memang itulah fungsi garam membuat semuanya enak tidak hambar atau mengawetkan membunuh bakteri yang membuat busuk. Secara alami pun ternyata Tuhan membuat kita dapat hidup dengan garam dalam darah sebanyak 0,9 %. Kalau kita kurang garam bisa fatal akibatnya.

Kapan garam itu berfungsi? Garam berfungsi kalau sudah larut dan menyatu dengan yang digaraminya. Makanan atau sayuran berobah dari tawar menjadi tidak tawar. Demikian juga kita orang Kristen, pengikut Yesus Kristus disebutkan garam dunia bila kita mampu membuat lingkungan atau tempat kerja kita lebih baik, lebih nyaman dan saling mengasihi. Tanpa kita menggunakan tanda-tanda kekristenan seperti salib atau pegang Alkitab, orang dapat membaca bahwa kita adalah surat Kristus.

Tetapi kalau kita sudah hambar, tidak ada gunanya lagi; tinggal dibuang. Apa artinya garam yang hambar? Mengaku orang Kristen tetapi perilakunya bukan perilaku orang Kristen. Bicara tidak ada aturan dan suka bohong, mabuk-mabukan, penipu, berzinah, hidup dalam kedagingan, kasar tidak ada kasih, itu sama dengan garam yang sudah tidak asin dan tinggal dibuang.  Kita mau tetap  jadi garam yang asin dan berguna; dan itu bisa terjadi kalau kita dalam persekutuan yang erat dengan Tuhan Yesus.

Doa  :     Terimakasih Tuhan kalau kami diingatkan adalah garam dunia. Tolong kami agar dapat berperan sebagai garam dunia seperti yang Tuhan Yesus inginkan. Amin. (RP)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Selasa, 2 Oktober 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.