Sabtu, 29 September 2018

BANGKITLAH JIWA PEMUDA

Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni (2 Timotius 2:22)

Ibr. 1:8-9                        BE. 249:4                                Yes. 5:5-7

       Pemuda adalah tulang punggung bangsa;  di tangan merekalah tongkat estafet kepemimpinan masa depan. Begitu juga pemuda dalam kehidupan kekristenan; merekalah yang melanjutkan pemberitaan Firman dan pelayanan jemaat. Sebab itu pemuda gereja harus menjadi perhatian utama semua pihak karena pemuda adalah aset yang sangat berharga, dan masa depan gereja ada di pundak mereka. Sebab itu Gereja perlu membekali dan memberdayakan mereka supaya tidak terseret oleh arus dunia ini dan tenggelam dalam nafsu-nafsu kedagingan dan keduniawian.

Kita tahu bahwa anak-anak muda memiliki kecenderungan untuk mengikuti tren yang ada, supaya tidak dianggap kuno atau tidak gaul. Oleh sebab itu Gereja perlu membangun komunitas pemuda di lingkungan Gereja, dengan membuka diri terhadap perkembangan dan kemajuan teknologi, bergaul sesama jemaat dalam landasan yang sama yaitu Firman Tuhan. Di dalam komunitas pemuda Gereja, mereka dapat bergaul dalam keadilan, kesetiaan, kasih dan damai.

Alkitab jelas menyatakan:  “Janganlah kamu sesat:  Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik” (1 Kor. 15:33). Dalam komunitas pemuda Gereja mereka dapat membangun persahabatan dalam kebiasaan yang baik.  Dikatakan:  “Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang”  (Amsal 13:20). Dalam komunitas pemuda Gereja, pemuda kita dapat begaul dengan orang-orang berhikmat dan bijak, serta menghin-dari pergaulan dari orang-orang bebal.

Doa  :     Tuhan, berikanlah hikmat kepada Gereja dan para orangtua untuk membangkitkan para pemuda GerejaMu seturut dengan kehendakMu. Amin. (SSi)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Sabtu, 29 September 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.