Kamis, 27 September 2018

MENGHAKIMI DENGAN ADIL

Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil (Yohanes 7:24)

2 Kor. 6:1-10                                   BE. 30:2                                 Yer. 4:1-2

          Ada hal-hal yang sepintas lalu kelihatan salah, padahal benar. Di sisi lain ada yang kelihatannya benar padahal salah. Dua hal yang berbeda ini sering nampak hanya di permukaan  karena situasinya tersamar. Kalau ditanya mana yang benar, kadang kita terkecoh dengan menjawab yang kedua yaitu kelihatannya benar. Kenapa demikian karena membuat keputusan berdasarkan apa yang nampak. Nats di atas menasehati kita untuk tidak menghakimi orang yang menurut apa yang nampak. Kenapa demikian?. Karena orang punya kemampuan untuk berpura-pura.

Hakimilah dengan adil menunjukkan bahwa kita boleh menghakimi atau lebih tepat disebut “menilai”. Namun penilaian haruslah tetap adil dalam arti obyektif. Tidak subjektif berdasarkan perasaan. Dalam istilah pengadilan harus ada minimal dua alat bukti. Begitu berharganya hakim yang adil sehingga ada adigium hukum yang terkenal,lebih baik membebaskan 1000 orang yang bersalah daripada menghukum satu orang yang tidak bersalah. 

                Seperti apa menghakimi secara salah? Menghakimi yang salah kalau kita mempunyai motivasi yang salah, yaitu hati yang tidak mengasihi. Selain itu kalau kita menegur dengan keras pada waktu orangnya sedang sangat susah atau putus asa atau di depan orang banyak. Kita sering melakukan penghakiman yang seperti itu dida-sarkan atas hal-hal yang kelihatan. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati. Jangan terlalu mudah menghakimi. Penghakiman adalah milik Allah. Perhatikan dengan seksama isinya, jangan hanya melihat bungkusnya agar tidak terkecoh oleh penampilan saja.

Doa  :     Tuhan, ajar kami untuk semakin berhikmat, untuk tidak menilai dari bungkusnya, untuk tidak mudah menghakimi karena penghakiman adalah milik Tuhan. Amin. (DSim)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Kamis, 27 September 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.